Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    P2TP2A Jabar, Gelar Pelatihan Baby Sitter

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9793.jpg

    BANDUNG-P2TP2A Provinsi Jawa Barat, Senin (29/9) bertempat di Balai Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Provinsi Jawa Barat - Jalan Soekarno Hatta No. 301 Bandung menyelenggarakan pelatihan Baby Sitter untuk para perempuan korban kekerasan. 

    Selama ini dalam kurun waktu 2010-2014 P2TP2A Jawa Barat telah menangani sejumlah 908 kasus dengan sebaran : Trafiking sebanyak 264 kasus, KDRT sebanyak 197 kasus, Anak sebanyak 401 kasus, Lain-lain sebanyak 46 kasus.

    Dalam keseluruhan kasus tersebut khususnya yang menyangkut pada perempuan,
    dalam penanganannya tentu tidaklah cukup hanya dengan upaya-upaya tindakan kuratif dan rehabilitatif, perlu ada sebuah upaya lain yang lebih strategis yang bisa dirasakan oleh kaum perempuan yang menjadi korban trafiking dan atau kekerasan untuk keberlangsungan masa depan selanjutnya yaitu upaya pemberdayaan. 

    Pemberdayaan ini menjadi penting mengingat sebagian korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang ada selama ini belum mengoptimalkan daya (potensi, bakat, minat, kesempatan) yang dimilikinya untuk menjamin kehidupannya sendiri di daerah asal.

    Sebagai realisasi dari visi misi sebagai basis pemberdayaan perempuan dan anak secara preventif, kuratif dan rehabilitatif secara menyeluruh dan terpadu,  maka menjadi sangat strategis bagi P2TP2A Jawa Barat melaksanakan program-program yang makin memperkuat peran dan kinerja P2TP2A Jawa Barat, khususnya untuk melakukan program pemberdayaan yang di implementasikan dalam bentuk Pelatihan Baby Sitter dan penanganan lansia yang dilaksanakan bekerjasama dengan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat.

    Tujuan kegiatan  ini merupakan upaya untuk memperkuat peran P2TP2A Jawa Barat dalam program pemberdayaan terhadap perempuan korban kekerasan di Jawa Barat berupa pelatihan baby sitter dan penanganan lansia  dengan memberikan keterampilan kepada peserta pelatihan dalam melakukan perawatan, dan pengasuhan pada bayi, anak dan lansia dengan benar dan menciptakan kesempatan bekerja bagi perempuan korban kekerasan. 

    Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 minggu dimulai  pada hari Senin, 29 September 2014 s/d Sabtu, 11 Oktober 2014 ini di buka oleh Ketua P2TP2A Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan. Diikuti oleh peserta pelatihan perempuan korban kekerasan (trafiking dan KDRT) dari kota/kabupaten di Jawa Barat yang berjumlah 14 orang untuk satu kali angkatan. Selain peserta pelatihan  dihadiri pula oleh Kepala Disnakertrans Jabar, Dekan Fakultas Keperawatan Unpad, Kepala BP3AKB dan OPD-OPD yang ada dilingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus