Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Satu Bibit Hasilkan 15 Ribu Anak Lele Sangkuriang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9797.jpg

    CIMAHI-Selain harganya cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 20.000 per kilogram, Ikan Lele Sangkuriang juga dapat diandalkan dalam hal pembibitan.

    ‘Satu Bibit Ikan Lele Sangkuriang beratnya antara satu sampai dua kilogram, bisa menghasilkan anak lele sebanyak 15 ribu ekor,” kata Kusnadi, Penanggungjawab Kolam Sangkal Ikan Lele UPT Balai Benih Ikan Air Tawar dan Pusat Kesehatan Hewan Diskopindagtan Kota Cimahi di Balai Benih Ikan Air Tawar, Kompleks Nata Endah RT 02 RW 02 Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi kepada jabarprov.go.id, Senin (29/9).

    Ikan Lele Sangkuriang, menurut Kusnadi, sudah dikenal di kalangan masyarakat pencinta budidaya ikan air tawar. Bahkan bukan hanya di Kota Cimahi atau Jawa Barat, Ikan Lele Sangkuriang juga sudah dikenal sampai ke DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    “Banyak kalangan yang datang ke Balai Benih Ikan Air Tawar Kota Cimahi ini. Belum lama ini sejumlah anggota DPR RI dari Jakarta dan masyarakat dar Jawa Tengah juga datang untuk mempelajari budidaya Ikan Lele Sangkuriang. Siswa SMA atau SMK juga banyak yang mempelajari budidaya ikan Lele Sangkuriang atau budidaya ikan tawar lainnya di sini,” katanya.

    Budidaya Ikan Lele  Sangkuriang cukup mudah, yaitu bisa di kolam terpal, kolam tanah atau kolam fiber. Kalau ingin murah gunakan kolam ikan terbuat dari terpal. Banyak dijual di sentra-sentra budidaya ikan, antara lain di kawasan Rajamandala, Kabupatem Bandung Barat.
    Kalau budidaya untuk pembesaran, bisanya diperlukan benih lele ukuran jari telunjuk atau ibu jari. Harganya antara Rp 300 sampai Rp 400 per ekor. Dalam kurun waktu kurang lebih dua sampai tiga bulan, benih ikan lele tersebut, sudah dapat dijual. Rata-rata 12 ekor per kilogram dengan harga Rp 20.000 perkilogram.

    Untuk mencegah sipat kanibalisme Ikan Lele atau memangsa sesama ikan lele, menurut Kusnadi, kita harus rajin melakukan penyortiran, yaitu antara 12 hari sampai 14 hari sekali. Ikan Lele yang sudah agak besar melebihi ikan lele lainnya, segera pisahkan ke kolam lain, sehingga setiap kolam diisi oleh ikan yang ukurannya sama.

    “Pakan Ikan Lele Sangkuriang sangat mudah, yaitu Pelet Apung Hepropit 781, harganya sekitar Rp 290.000 per karung 30 kilogram,” katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus