Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Unsika Resmi Beroperasi sebagai PTN

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9936.jpg

    KAB. KARAWANG - Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) resmi beroperasi sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Peresmian dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Mohammad Nuh dan disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di halaman depan Gedung H. Opon Sopandji Kampus Unsika Jl. Ronggo Waluyo Kecamatan Teluk Jambe, Kab. Karawang pada Minggu (19/10).
     
    Peresmian dilakukan dengan memencet tombol sirine sebagai tanda dimulainya operasional Unsika sebagai PTN, selain itu dilakukan pula penyerahan Peraturan Presiden tentang pengubahan atau transformasi Unsika dari PTS menjadi PTN dari Mendikbud kepada Ketua Yayasan Pangkal Perjuangan dan Rektor Unsika.
     
    Peresmian yang turut dihadiri Wakil Bupati Karawang, Rektor Unpad, Kadis Pendidikan Provinsi Jawa Barat sekaligus Rektor Unsika yang baru saja terpilih yaitu Prof. Dr. H. Moh. Wahyudin Zarkasyi, Drs., M.S., Ak, Ketua Yayasan Pangkal Perjuangan, serta seluruh Civitas Akademika Unsika ini, Gubernur pun sangat mengapresiasi atas upaya dan kesiapan Uniska dalam proses administrasi dan penyediaan lahan kampus sebagai bagian dari proses kenegerian Unsika.
     
    Selain itu, Gubernur menuturkan pihaknya akan terus membangun dan membentuk PTN sebagai bagian dari penyediaan fasilitas pendidikan tinggi yang memadai bagi besarnya jumlah penduduk di Jawa Barat. “Jawa Barat harus ada perbandingan yang memadai antara jumlah penduduk dengan jumlah universitas negeri. Sebab saat ini angka pastispasi kasar perguruan tinggi kita masih cukup rendah dibanding dengan provinsi-provinsi yang lain”, ungkap Gubernur dalam sambutannya.
     
    Untuk itu, Jawa Barat terus berkomitmen dalam membangun fasilitas pendidikan khususnya perguruan tinggi, melalui peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi masyarakat Jawa Barat dalam mengenyam pendidikan tinggi.
     
    Gubernur menambahkan, selain membuat PTN baru-Jawa Barat pun akan membentuk PDD atau Perguruan tinggi Di luar Domisili. Dan Gubernur menyatakan Jawa Barat telah siap membentuk PDD tersebut diantaranya IPB di Sukabumi serta PDD untuk Unpad dan ITB.

    Dengan banyaknya PTN di Jawa Barat diharapkan akan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar perguruan tinggi masyarakat Jabar, sehingga wajah negara akan semakin hadir di provinsi ini. Dan kualitas SDM-nya pun akan semakin baik, unggul, dan terdidik.

    Sementara itu, Mohammad Nuh mengatakan pemerintah mempunyai 20 alasan dalam merubah Unsika menjadi PTN. Dan 3 diantaranya, yaitu karena ada kehendak yang kuat dari Unsika untuk menjadi PTN. "Ada kehendak dan keinginan yang kuat dari Unsika itu sendiri untuk merubah PTS jadi PTN. Dan pemerintah tidak bisa intervensi setiap kampus untuk menjadi PTN", jelas M Nuh.
     
    M Nuh pun menjelaskan 2 alasan lainnya dalam kesempatan ini, yaitu karena Pemerintah pun memiliki keinginan kuat untuk mendirikan PTN baru di Jabar, sehingga pemerintah bisa mengkonversi Unsika dari PTS jadi PTN. Alasan ketiga yaitu karena takdir Yang Maha Kuasa, karena tanpa takdir, walaupun Uniska dan Pemerintah ingin mengubahnya menjadi PTN, tanpa takdir Yang Maha Kuasa, Uniska tidak akan menjadi PTN.
     
    Unsika merupakan salah satu dari 5 PTN di Jabar yang tahun ini diubah menjadi PTN. Unsika diresmikan menjadi PTN oleh Presiden tanggal 7 Oktober 2014 di Surabaya bersama 11 perguruan tinggi lainnya di Indonesia dalam puncak peringatan HUT TNI ke-69.
     
    Unsika memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 10 program sarjana dan 3 diploma, serta 1 Program Pascasarjana meliputi 2 program studi dengan jumalah mahasiswa 2.267 orang. Hingga 2014 ini, Unsika telah mendidik 14.802 mahasiswa dan meluluskan 11.722 alumni yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus