Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sawah Mengering, Padi Tumbuh Tidak Normal

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_9954.jpg

    CIMAHI-Akibat musim kemarau yang cukup panjang saat ini, hektaran sawah di Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi mongering. Akibatnya, tanaman padi yang ditanam sebulan lalu, tumbuhnya tidak normal. Bahkan ada yang meranggas, daunnya mongering.

    “Seharusnya tanaman padi ini sudah membentuk rumpun, satu rumpunnya antara 6 batang sampai sepuluh batang tanaman padi,” kata Darma, petani penggarap di Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi kepada jabarprov.go.id, Rabu (22/10).

    Darman mengatakan, sebulan lalu dirinya memaksakan menanam padi dengan harapan musim kemarau berakhir dan turun hujan. Waktu itu, memang turun hujan sehingga dirinya bisa menggarap lahan sawah hingga sampai tandur.

    “Seharusnya sekarang ini musim menyiangi atau membersihkan tanaman padi dari  rerumputan. Tapi, kondisi sawah kering, bahkan retak-retak,” katanya.

    Darma berharap akan segera turun hujan sehingga sawahnya tidak kekeringan. Kalau tanaman padinya tumbuh dengan normal, kata Darma, dalam satu hektar bisa memanen padi antara 4 sampai 6 ton. Tapi, dengan kondisi seperti sekarang ini, Darma pesimis tanaman padinya akan bisa dipanen.
    Sementara itu,  berdsasarkan data yang dihimpun jabarprov.go,id diketahui bahwa lahan pertanian di Wilayah Kota Cimahi yang masih produktif  seluas 580 hektar. Sektor pertanian tersebut, tidak banyak berkontribusi dalam mengurangi ketergantungan pasokan pangan dari daerah lain. Untuk itu, Pemerintah Kota Cimahi mendorong agar masyarakat memanfaatkan lahan seoptimal mungkin ditanami bahan pangan. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus