Bupati Garut Ingatkan Para Pengelola BLUD Tertib Administrasi dan Transparan

Diterbitkan

Jumat, 3 Juni 2022

Penulis

admin

|

admin

331 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

Kab. Garut --- Bupati Garut Rudy Gunawan mengingatkan  agar para pengelola Badan Layanan Umum Daerah
(BLUD) berhati-hati dalam pengelolaan keuangan, tertib administrasi, dan senantiasa meningkatkan kuliatas dalam pengelolaan BLUD.

“Saudara selaku pejabat pengelola keuangan dari BLUD, ini saudara harus hati-hati, jangan sampai saudara ditunjuk-tunjuk kepala Puskesmas, lapor sama saya, tertibkan administrasi”, ujarnya saat membuka resmi Workshop dengan tema "Penguatan Kapasitas Kepala Tata Usaha Puskesmas dan Labkesda Sebagai Pejabat Keuangan Dalam Pengelolaan Administrasi dan Manajemen PPK-BLUD (Pejabat Pengelola Keuangan Badan Layananan Umum Daerah), bertempat di Ballroom Kassiti Fave Hotel Garut, Senin (28/3/2022). 

Rudy juga mengingatkan agar senantiasa transparan agar terhindar dari masalah hukum. Setiap kegiatan mesti terperinci yang dimasukkan kedalam sistem informasi keuangan yang ada di Puskesmas.

“Tentu saudara-saudara sekalian ya saya berharap, kalau kita ingin tidak ada masalah hukum maka buatlah sesuatu dengan transparan, buatlah sesuatu itu dengan rinci dan dimasukan ke dalam informasi keuangan daripada Puskesmas,” jelasnya.

Sekretaris Dinkes Kabuoaten Garut Leli Yuliani mengatakan BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh satuan kerja atau pemerintah dalam upaya memberikan fleksibelitas pengelolaan keuangan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Seperti yang diterapkan oleh Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di Kabupaten Garut.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya  bersama Asosiasi Puskesmas se-Indonesia (Apkesmi) Cabang Garut menggelar workshop yang diikuti 67 peserta dari Puskesmas dan 1 orang dari Labkesda.

“Tujuan workshop ini untuk memperkuat kapasitas dan mengoptimalkan peran Kepala Tata Usaha Puskesmas dan Labkesda dalam pengelolaan administrasi dan Manajemanen PPK-BLUD," ujar Leli.

Editor: admin

Berita Terkait