Bupati Garut Lantik 764 PNS Dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemdakab Garut

Diterbitkan

Selasa, 24 Mei 2022

Penulis

admin

|

admin

435 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

Kab.Garut --- Sebanyak 764 Pegawai Negeri Sipil (PNS) hari ini dilantik oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, untuk mengisi jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut. Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dilaksanakan secara serentak dipusatkan melalui prokes ketat di Lapang Sekretariat Daerah (Setda) Garut, sedangkan lokasi lain seperti di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Garut, SMPN 1 Tarogong Kidul, dan SMPN 6 Garut mengikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (8/3/2022).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyampaikan bahwa orang-orang yang hari ini dilantik merupakan orang-orang terpilih, karena dari banyak peserta yang mendaftar, hanya sekitar 6 persen yang lolos.

“Dan kita pun patut bersyukur bahwa dari proses peraturan perundang-undangan setelah melalui tes yang melelahkan hanya 6 persen dari mereka yang ikut dalam tes CPNS 2019, saudara adalah yang terbaik. Saya bangga saya salut saudara adalah benar-benar orang pilihan, negara tidak akan rugi mengangkat saudara dan saudara harus membuktikan bahwa memang saudara adalah orang terbaik,” ujarnya.

Rudy mengungkapkan seleksi telah dilaksanakan secara adil dan profesional. Apalagi tes yang dilakukan melalui tes berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT).

“Dua puluh ribu hampir ikut tes (dan) hanya 700 sekian (atau) tadi 800 orang yang dinyatakan memenuhi ketentuan, melalui seleksi yang adil dan profesional, tidak ada kongkalingkong apapun, tidak ada yang memberitahu soal bocor dan sebagainya, yang menentukan nilai adalah komputer dan saudara melalui sistem CAT,” ungkapnya.

Ia menuturkan bahwa pengangkatan menjadi jabatan fungsional ini merupakan awal dari karir para PNS yang hari ini dilantik, dan juga menjadi ajang pembuktian bahwa peserta yang hari ini dilantik merupakan orang-orang yang profesional.

“Hari ini sebenarnya karir saudara dimulai, ada yang jadi dokter, dokter gigi, jadi perawat, jadi guru, tenaga kesehatan lainnya, penyuluh pertanian atau ahli ahli di bidang pertanian, peternakan, perikanan. Hari inilah karir saudara dibuktikan, saudara profesional atau hanya beruntung saja menjadi CPNS, tapi saya berkeyakinan saudara memang profesional,” tuturnya.

Rudy memaparkan, ke depannya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan akan langsung menempati jabatan fungsional atau sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh para ASN itu sendiri.

“Karena ketika saudara masuk, saudara sudah mempunyai jabatan fungsional,  fungsional ahli pratama apa, naik ahli muda, naik ahli madya, mungkin bisa naik menjadi struktural diberhentikan dulu sementara, tapi fungsionalnya tetap melekat di jabatan saudara pertama kali hari ini,” imbuhnya.

Bupati Garut mengapresiasi kinerja dari Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Garut, yang telah mengikuti aturan-aturan yang ada, sehingga para ASN yang hari ini dilantik mempunyai kepastian hukum. (rdp*)

Editor: admin

Berita Terkait