Diskominfo Garut Gelar Sosialiasi Keamanan Informasi bagi SKPD

Diterbitkan

Sabtu, 19 November 2022

Penulis

(Diskominfo Garut/Fauziah Ismi)

|

(Diskominfo Garut/Fauziah Ismi)

61 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut menggelar acara Sosialisasi tentang Keamanan Informasi (Kami) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemdakab Garut, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Garut (18/11/2022).

Kepala Bidang Persandian dan Kami Diskominfo Garut, Ahmad Hasyim, mengatakan tujuan dilaksanakannya acara ini untuk mengetahui kesiapan Keamanan informasi di Pemdakab Garut, dan memberikan pemahaman serta kesadaran kepada seluruh SKPD terkait pentingnya keamanan informasi,

"Output yang dihasilkan kita ingin memberikan pemahaman (dan) kesadaran kepada seluruh SKPD terkait pentingnya keamanan informasi, untuk setiap transaksi ataupun sistem elektronik yang akan dipasang di Kabupaten Garut," ujar Hasyim di sela-sela kegiatan.

Ia berharap melalui kegiatan ini sistem elektronik setiap SKPD harus satu kesatuan baik tatakelola, risiko, manajemen, kerangka, dan aset serta sebisa mungkin mendekati sistem yang telah diatur di dalam indeks keamanan informasi.

Sementara itu, Narasumber juga selaku Dosen Universitas Garut (Uniga), Ridwan Setiawan, menuturkan antusiasme peserta sangat baik dalam mengikuti sosialisasi keamanan informasi ini.

Ia menilai jika keamanan informasi ini sangat penting, menurutnya ketika seseorang mendapatkan informasi ataupun memasukkan sebuah informasi dalam sebuah platform , harus juga bisa mengamankan informasi tersebut, karena suatu saat nanti apa yang di update di internet bisa ditrack ulang.

"Secara prinsip sih kalau keamanan itu bukan hanya semua dinas, tapi semua orang juga perlu pemahaman tentang keamanan informasi," tuturnya.

Ia berharap pasca sosialisasi ini, tata kelola di pemerintahan Kabupaten Garut khususnya di bidang informatika bisa menjadi lebih baik lagi. Apalagi  dalam indeks keamanan informasi ini sudah jelas ada beberapa penilaian yang diperlukan.

"Harapannya ke depan Garut ini menjadi penyelenggara e-Goverment yang aman, baik, dan sangat terpercaya," pungkasnya. 

Editor: admin

Berita Terkait