Gerak Cepat JQR Turunkan Tim Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur

Diterbitkan

Kamis, 24 November 2022

Penulis

humas jabar; Rep No

|

humas jabar; Rep No

151 kali

Berita ini dilihat

2 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. CIANJUR - Jabar Quick Response (JQR) bergerak cepat menurunkan tim untuk membantu warga terdampak gempa bumi Cianjur. 

Ketua Harian JQR Reggi Kayong Munggaran menuturkan, sekitar satu jam setengah setelah gempa bumi, tim JQR sudah berada di Kabupaten Cianjur. 

"Ketika kejadian sekitar pukul 13 WIB, jam 14:30 WIB, tim kami sudah ada di Cianjur dan melakukan asesmen cepat. Dari sana, kami melakukan proses kaji informasi, juga saji data. Itu menjadi landasan navigasi operasional kita," kata Reggi, Kamis (24/11/2022). 

Menurut Reggi, berdasarkan hasil navigasi, tim JQR turut melakukan pencarian, pertolongan, evakuasi, dan respons medis. Selain itu, JQR pun mengumpulkan donasi dari masyarakat dan menyalurkannya dengan cepat. 

Reggi melaporkan, per Kamis (24/11/2022), jumlah logistik sembako yang berada di JQR mencapai 83 ton lebih. Logistik tersebut terus didistribusikan ke desa-desa terdampak gempa bumi Cianjur. 

"Distribusi rata-rata kita di 20 ton per hari. Karena banyak makanan, kita harus mempercepat proses distribusinya," ucapnya. 

Reggi juga menuturkan, dalam proses penyaluran bantuan, JQR berkolaborasi dengan berbagai komunitas. Hal itu dilakukan agar proses penyaluran berjalan optimal dan menjangkau daerah-daerah yang sulit diakses. 

"Terkait transportasi, kita bekerja sama dengan Land Rover Club Bandung karena banyak wilayah yang terpencil. Itu membutuhkan kendaraan khusus dengan keahlian berkendara yang berbeda," kata Reggi.

"Dama juga dengan handphone, handphone juga dalam beberapa titik tidak bisa mengakses sinyal, sehingga radio komunikasi dibutuhkan dan dibantu oleh kawan-kawan ORARI. Di sini, banyak organisasi," imbuhnya. 

Selain itu, Reggi mengatakan bahwa pihaknya terus mengumpulkan aduan-aduan dari masyarakat, untuk nantinya, aduan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan cepat oleh JQR.

"Pak Gubernur berpesan kepada kami agar seluruh warga Cianjur terlayani oleh JQR. Itu pesan pertama Pak Gubernur. Kami mencatat setiap aduan, baik yang masuk ke IG Gubernur maupun ke IG pelayanan informasi JQR dan relawan lain," ucapnya. 

Editor: Humas Jabar

Berita Terkait