GPR Widget

HUT Ke-77 RI, Ridwan Kamil: Warga Jabar Antusias Sambut Peringatan Hari Kemerdekaan

Diterbitkan

Rabu, 17 Agustus 2022

Penulis

humas jabar; Rep No

|

humas jabar; Rep No

44 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG - Seluruh warga Jabar menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia dengan meriah. Pelaksanaan upacara pengibaran merah putih tahun ini pun dapat digelar secara luring. 

Hal tersebut dikemukakan Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, ketika ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (17/8/2022). 

"Warga Jabar sangat antusias menyambut peringatan Hari Kemerdekaan. Hal tersebut karena warga dapat merayakan Hari Kemerdekaan dengan tetap menggunakan masker," kata Gubernur.

"Alhamdulillah seluruh wilayah Jawa Barat, saya pantau hari ini, begitu meriah melaksanakan kegiatan peringatan ulang tahun kemerdekaan. Saya pantau dari berbagai daerah di desa-desa, di kampung-kampung, di kota, semua meriah. Mungkin ini karena pertama kali kita melaksanakan lebih normal kegiatan upacara bendera," imbuhnya.

Menurut Gubernur, dengan antusiasme masyarakat dalam menyambut HUT RI ini menandakan, sesuai dengan semangatnya, kita harus pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Kang Emil bersama seluruh jajaran Forkopimda Jabar mengikuti berbagai rangkaian HUT Ke-77 RI. Sekitar pukul 08.00 WIB, ia melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Kepada para peserta upacara yang hadir, Gubernur berpesan agar menyiapkan diri untuk melawan tantangan global di masa mendatang. 

"Ada tiga potensi krisis yaitu krisis keuangan, krisis energi dan krisis pangan. Semua direspons oleh masyarakat Jawa Barat dengan berbagai upaya-upaya agar kita bisa selamat. Kemudian, mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif, kita masih belum sempurna masih ada komentar-komentar yang belum dan tidak mensyukuri nikmat kemerdekaan ini," ucapnya.

"Tidak ada sebuah situasi yang sangat sempurna. Jadi kalau kita belum sempurna, mari kita sempurnakan dan kita syukuri nikmat berbangsa dan bernegara," imbuhnya. 

Momen HUT ke-77 RI tahun ini, menurut Gunernur, harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menghadirkan prestasi dan menghasilkan dampak positif bagi masyarakat. 

"Pesan dari saya tentunya mari isi rayakan hari istimewa ini dengan prestasi kepada masyarakat Jawa Barat," katanya.  

"Pertahankan khususnya Pemda Provinsi Jabar yang juara investasi, juara kinerja PNS-nya, sehingga bisa membanggakan tinggal di tempat yang istimewa ini," tuturnya.

Setelah prosesi upacara di Lapangan Gasibu, Gubernur melanjutkan kegiatan dengan menyaksikan upacara pengibaran bendera merah putih di Istana Merdeka, Jakarta, secara virtual dari Aula Timur Gedung Sate. 

"Kemudian jam 10 kita mengikuti detik-detik proklamasi di Istana Merdeka bersama Presiden Jokowi dan tentunya kita bangga dengan semangat hari ini ada pengibaran lewat helikopter, ada lintas pesawat jet, ada pengibaran 77 bendera di bawah laut," pungkasnya.

Editor: Humas Jabar

Berita Terkait