Kabupaten Garut Menjadi Lokasi Perkemahan Wirakarya Daerah Jabar 2022

Diterbitkan

Minggu, 20 November 2022

Penulis

Humaspemkabgarut

|

Humaspemkabgarut

93 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Kabupaten Garut menjadi lokasi pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat (Jabar) Tahun 2022 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bukit Sampalan, Desa Girimakmur, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Sabtu (19/11/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh 702 peserta se-Jawa Barat ini, dibuka secara langsung oleh Ketua Kwarda Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil, yang hadir secara langsung ke lokasi acara. Turut pula hadir Bupati Garut juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Rudy Gunawan.

Rudy Gunawan mengatakan, pelaksanaan PWD ini merupakan hari yang bersejarah, karena perwakilan Pramuka dari 24 kabupaten/kota di Jawa Barat berkumpul dan hadir di bumi perkemahan yang ada di Kecamatan Malangbong ini.

Menurutnya PWD ini merupakan salah satu kegiatan besar gerakan pramuka yang diselenggarakan di Kabupaten Garut pasca merebaknya COVID-19.

"Alhamdulillah COVID-19 di Jawa Barat, dengan pengarahan dari Bapak Gubernur kita, Bapak Ridwan Kamil, kita dalam kondisi yang sangat terkendali, tetapi kita juga tetap waspada karena kita masih PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 1. Oleh sebab itu protokol kesehatan masih tetap diberlakukan dalam rangka perkemahan sekarang ini," ujar Kak Rudy.

Ia mengungkapkan penunjukan Kabupaten Garut sebagai lokasi PWD oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar, menjadi kegembiraan dan kebanggaan tersendiri bagi pihaknya. Apalagi, lanjut Kak Rudy, pramuka merupakan wadah untuk menjadikan orang memiliki kepribadian lebih daripada yang lainnya, dengan memiliki dasa darma yang relevan dengan kehidupan saat ini.

"Dasa darma adalah komitmen pramuka untuk bisa menjadi yang terdepan dalam kehidupan, baik di kehidupan sekolah masing-masing maupun di kehidupan masyarakat, karena dasa darma adalah mulianya seorang pramuka, komitmennya seorang pramuka, yang tentu kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar, Atalia Praratya Ridwan Kamil menuturkan, PWD hadir untuk menunjukkan bahwa pramuka adalah solusi dan harus mampu hadir di tengah-tengah masyarakat serta menyentuh kebutuhan masyarakat.

"Dan hari ini bersama dengan 700 peserta kita hadir untuk menyentuh masyarakat dengan luar biasa," tutunya.

Dalam PWD ini terdapat kegiatan bakti fisik dan non fisik bagi masyarakat sekitar. Beberapa kegiatan fisik diantaranya renovasi lima rumah tidak layak huni (rutilahu), perbaikan jembatan, pembuatan penampungan air, rehabilitasi musala, juga penanaman pohon. Sedangkan kegiatan bakti non fisik, seperti kegiatan pramuka mengajar, dan berbagai kegiatan edukatif lainnya.

Kak Atalia berpesan agar para peserta PWD bisa menunjukkan bahwa mereka adalah pramuka-pramuka sejati.

"Ingat kacu yang kalian kenakan, seragam yang kalian kenakan adalah mengandung tanggung jawab yang luar biasa, maka dimana pun kalian berada lakukan kebermanfaatan itu," ucapnya.

Diakhir sambutannya, ia mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut atas fasilitasi dan kerjasama yang dilakukan dalam kegiatan PWD Kwarda Gerakan Pramuka Tahun 2022. Ia berharap pelaksanaannya bisa berjalan menyenangkan.

PWD Kwarda Gerakan Pramuka Jabar 2022 akan dilaksanakan mulai dari tanggal 19-24 November 2022 dan diikuti sebanyak 702 peserta dengan unsur kontingen 24 kwarcab se-Jabar di Bumper Bukit Sampalan, Desa Girimakmur, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Adapun 3 kwarcab yang absen dalam kegiatan ini yaitu Kwarcab Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Kota Banjar.

Turut dihadiri Wakil  Bupati selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Gatut, dr. Helmi Budiman, Sekda Nurdin Yana serta tamu undangan lainnya. (rdp*)

Editor: rdp

Berita Terkait