Latih Public Speaking , DWP Garut Gelar Lomba Pidato

Diterbitkan

Kamis, 24 November 2022

Penulis

Humaspemkabgarut

|

Humaspemkabgarut

62 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Dalam rangka melatih keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking , Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Garut menggelar acara Lomba Pidato bagi ketua DWP Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut.

Acara ini, dibuka secara resmi oleh Penasehat DWP Kabupaten Garut, Diah Kurniasari Rudy Gunawan, di Sekretariat DWP Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, Selasa (22/11/2022).

Diah mengapresiasi kegiatan lomba pidato yang merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) DWP Kabupaten Garut ke-23 ini. Terlebih, tema yang diambil adalah Peran Serta Istri dalam Kinerja Suami.

"Jadi nanti bagaimana seorang istri nih mereka sebagai ketua DWP di dinas suaminya masing-masing, untuk bisa berbicara (di depan publik), mungkin itu salah satu (tujuan)nya dan ini saya sangat mengapresiasi bahwa para ibu-ibu ini berani untuk berbicara (di depan publik) paling tidak seperti itu ya," ujarnya.

Ia berpesan agar para peserta tidak merasa takut, karena lomba pidato merupakan momentum untuk belajar agar ke depan para peserta berani untuk berbicara atau berpidato di depan publik, khususnya di hadapan anggota DWP yang ada di SKPD maupun di kecamatan.

"Harapannya ini para istri-istri ketua SKPD (dan kecamatan) ini semakin berani, semakin pintar untuk berbicara, berpidato dan juga lebih mengerti peran serta mereka sebagai istri dalam menunjang kinerja suami mereka masing-masing," katanya.

Ketua DWP Kabupaten Garut, Lina Nurdin Yana, menuturkan tujuan dari lomba pidato ini adalah untuk menjalin silaturahmi antara pengurus DWP kabupaten dengan DWP SKPD dan kecamatan, kemudian untuk meningkatkan kapasitas pribadi istri Aparatur Sipil Negara (ASN), serta bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri para peserta ketika tampil di depan publik.

"Memang hal ini bukan hal yang mudah bagi ketua dharma wanita persatuan untuk berbicara atau tampil di depan publik, tapi kalau dipikir-pikir kapan lagi ibu ketua dharma wanita persatuan untuk bisa dan berbicara di depan publik, dalam lomba ini kita akan dilatih untuk biasa berbicara di depan publik," tuturnya.

Senada dengan Penasehat DWP Garut, ia berharap melalui lomba ini para peserta menjadi terbiasa untuk berbicara di depan publik.

"Oleh karena itu kami dari pengurus dharma wanita persatuan memandang perlu untuk diadakannya lomba pidato ini, bagi ketua Dharma Wanita Persatuan SKPD dan ketua Dharma Wanita Persatuan kecamatan. Hal ini merupakan kegiatan konstruktif yang mempunyai nilai positif, dan berdampak bagi kemajuan organisasi dharma wanita dan peningkatan kapasitas pribadi istri ASN itu sendiri sebagai anggota dharma wanita persatuan," katanya.

Lomba pidato ini sendiri dilaksanakan 2 hari tepatnya tanggal 22 November 2022 untuk lomba pidato antar ketua DWP SKPD dan tanggal 23 November 2022 untuk lomba pidato antar ketua DWP kecamatan se-Kabupaten Garut.(rdp*)

Editor: rdp

Berita Terkait