Pemdakab Garut Matangkan Persiapan Hari Jadi Ke-210 Tahun 2023

Diterbitkan

Selasa, 24 Januari 2023

Penulis

Rilis Humas Pemdakab Garut

|

Rilis Humas Pemdakab Garut

372 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut menggelar Rapat Teknis Persiapan Hari Jadi Garut (HJG) ke-210 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah (Setda), Kabupaten Garut, Selasa (24/1/2023). 

Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Budi Gan Gan Gumelar mengungkapkan, rapat tersebut merupakan rapat yang ketiga kalinya dalam rangka persiapan HJG ke-210 tahun 2023. 

"HJG tahun 2023 ini sangat spesial karena ini adalah bagaimana menjelang 10 tahun kepemimpinan periodesasi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Garut," katanya.

Ia menjelaskan, terdapat tiga hal yang dibahas dalam rapat kali ini diantaranya yaitu, dasar hukum dari Hari Jadi Garut berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Garut Nomor 30 tahun 2011, tema dan logo Hari Jadi Garut ke-210, dan rangkaian kegiatan dalam menyukseskan dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Garut. 

Budi Gan Gan juga mengatakan, rapat Teknis Persiapan HJG ini dihadiri oleh para sekretaris perangkat daerah Kabupaten Garut, camat dan forum camat, dan stakeholder baik dari stakeholder Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Garut, juga stakeholder lainnya. 

"Semuanya (peserta) merespon dengan baik, karena ini menjadi tanggung jawab kita bersama bahwa ulang tahun ini harus sukses dan meriah, dan dapat dirasakan oleh masyarakat," ucapnya.

Ia berharap dampak dari Ulang Tahun Kabupaten Garut tahun ini dapat meningkatkan promosi Kabupaten Garut, meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mencintai Kabupaten Garut, dan bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat Kabupaten Garut dalam rangka meningkatkan motivasi dalam pembangunan di Kabupaten Garut. 

"Harapannya adalah bagaimana hari ulang tahun ini bisa bergema dan bisa terinformasikan kepada masyarakat, dan hari ulang tahun ini tidak hanya bersifat hura-huranya, tapi bagaimana bisa memberikan manfaat," ujarnya.

Kepala Disparbud Kabupaten Garut Agus Ismail mengungkapkan, rapat tersebut merupakan rapat koordinasi terakhir untuk penyelenggaraan HJG yang ke-210 tahun 2023 dengan agenda pembahasan menyangkut logo dan tema, event-event, serta keterlibatan seluruh stakeholder dalam rangka memeriahkan HJG tahun 2023.

"Tentu saja kami apresiasi dan alhamdulillah kami di-support oleh seluruh stakeholder, begitu juga masyarakat antusias untuk bersama-sama memeriahkan HJG yang ke-210 ini," katanya.

Menurutnya, HJG kali ini penting untuk Kabupaten Garut, kebangkitan Kabupaten Garut dimulai dari umurnya yang sudah 210 tahun dan pembangunan di tahun 2023 dengan capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD) tahun 2019-2024. 

Selain itu, lanjut Agus, tahun 2023 ini sebagai tahun recovery pasca pandemi COVID-19, mendorong upaya pemulihan ekonomi dan mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. 

"Tentu saja sekali lagi yang pertama, tahun 2023 ini merupakan HJG terakhir yang akan dihadiri secara langsung oleh Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati karena beliau akan purna tugas atau selesainya itu pada bulan Januari 2024," katanya.

Ia mengatakan, tema yang telah disepakati dalam rapat adalah "Purnamakarya Rucita Wibawa", di mana "Purnamakarya" diartikan sebagai salah satu tahapan dari selesainya tahapan-tahapan atau proses pembangunan, sedangkan "Rucita wibawa" yaitu kegemerlapan, kemajuan, kesejahteraan, serta membawa nama Kabupaten Garut yang begitu luar biasa. 

"Hampir setiap tahun kita menerima baik itu secara personal, secara institusional, penghargaan-penghargan yang diberikan baik oleh beberapa instansi pemerintah, pemerintah provinsi, dalam kelembagaan, dan lain sebagainya," ucapnya.

Agus berharap, momen HJG ini harus menjadi milik semua masyarakat Kabupaten Garut, milik semua elemen bukan hanya milik Pemerintah saja. 

"Hari Jadi Garut bukan hanya milik Pemerintah Kabupaten Garut saja tapi juga milik semua masyarakat Kabupaten Garut," ujarnya. (humaspemkab.Garut/UPI)

Editor: Upi

Berita Terkait