GPR Widget

Pemdakab Garut Siap Dukung Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Jabar Bagian Selatan

Diterbitkan

Rabu, 21 September 2022

Penulis

Humaspemkabgarut

|

Humaspemkabgarut

181 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) siap mendukung implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat (Jabar) Bagian Selatan di Kabupaten Garut.

Apalagi saat ini Kabupaten Garut sedang dihadapkan dengan angka kemiskinan yang meningkat, sehingga Wakil Bupati (Wabup) Garut dr. Helmi Budiman menilai, diperlukan upaya mengangkat ekonomi masyarakat agar kembali menjadi masyarakat yang mampu

"Saya sangat setuju dan tentu kami akan berupaya semaksimal mungkin agar pekerjaan ini, agar proyek ini, program dan kegiatan ini bisa berjalan di Kabupaten Garut," kata Helmi, saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Tindaklanjut Penyiapan Dokumen Readiness Criteria Proyek P1 dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2021 di Kabupaten Garut, di Ballroom Hotel Santika, Kabupaten Garut, Selasa (20/9/2022).

Helmi mengatakan, jika dalam implementasi di lapangan pihaknya menemui kendala, sehingga dirinya meminta bantuan dari pihak Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), agar program tadi bisa terlaksana dengan baik.

"Kami mohon juga Pak Djoko (Asisten Deputi Infrastruktur Pengembantan Wilayah Kemenko Marves) yah tadi sudah menyampaikan akan bantu kita, karena memang ada beberapa yang harus diselesaikan, tentu dengan bantuan dari pemerintah pusat, agar pekerjaan-pekerjaan yang direncanakan didalam Perpres 87 2021 ini bisa terlaksana dengan baik," ucapnya.

Kepala Biro (Kabiro) Perencanaan Kemenko Marves Arif Rahman menilai, Perpres Nomor 87 Tahun 2021 ini, sangat strategis bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

"Alhamdulillah saya melihat bahwa Perpres 87 tahun 2021 ini, yang kebetulan juga untuk meningkatkan pembangunan di wilayah Jawa Barat adalah sangat strategis, dan mempunyai nilai arti yang tinggi untuk pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat," ucapnya.

Ia memaparkan, Jawa Barat merupakan daerah penyangga Ibu Kota Jakarta dengan jumlah penduduk yang banyak, serta memiliki modal dasar pembangunan, nilai, dan pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan.

"Namun, barangkali di beberapa wilayah, beberapa tempat ini perlu juga mengejar pertumbuhan perekonomian yang sudah diperoleh di beberapa wilayah lain di Jawa Barat, sehingga Perpres 87 ini sebenarnya merupakan upaya untuk peningkatan nilai ekonomi, juga untuk leveling pada wilayah-wilayah di Jawa Barat yang lain," ujarnya. (humaspemkab.Garut/UPI)

Editor: UPI

Berita Terkait