Plt. Bupati Bogor Sampaikan Pentingnya Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda

Diterbitkan

Rabu, 15 Maret 2023

Penulis

Diskominfo Kabupaten Bogor

|

Diskominfo Kabupaten Bogor

778 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BOGOR - Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan sampaikan pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi muda, untuk mencegah kenakalan remaja.

Hal tersebut dijelaskan saat menghadiri Pembinaan Pemantapan Negara bagi generasi muda di Kabupaten Bogor tahun 2023, di The Rizen Hotel Cisarua Kabupaten Bogor, Senin (13/3/2023).

Iwan Setiawan mengatakan, pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan ini harus diketahui oleh seluruh masyarakat sejak dini terutama mereka para generasi muda. Hal itu penting dengan wawasan kebangsaan yang baik karena hal itu akan menghindari berbagai aktifitas negatif seperti tawuran dan lainnya.

"Ini harus terus disosialisasikan dengan masif dan cepat secara kolaborasi antara Pemkab Bogor dengan Bakesbangpol. Agar generasi muda Kabupaten Bogor memiliki jiwa wawasan kebangsaan yang baik," ungkap Plt. Bupati Bogor.

Menurut Iwan, Pemdakab Bogor memilik banyak program yang barkaiatan dengan tentang pembinaan kepemudaan. Mulai dari Beasiswa Pancakarsa, terus juga kegiatan kegiatan berbasis masyarakat yang melibatkan para pemuda, lalu ada Paskibraka baik tingkat kecamatan juga kabupaten untuk melatih tanggung jawab dan kedisplinan. Kemudian program Duta Anti Narkoba, Duta Anti Tawuran, Duta Pancasila dan Duta Wawasan Kebangsaan.

"Kami ingin membentuk generasi muda yang mandiri, sempurna, disipilin dan berwasan kebangsaan dengan baik," jelas Iwan Setiawan.

Selanjutnya, Kepala Bakesbangpol Bambang W Tawekal menjelaskan bahwa, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang kebangsaan dan membangun NKRI. Serta meningkatkan rasa nasionalisme untuk mengantisipasi masuknya pemikiran yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

"Ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran generasi muda pentingnya menjaga kesatuan bangsa. Melalui kegiatan ini kami ingin para generasi muda mampu mengimplementasikan bagaimana membela negara sesuai perannya masing-masing," tutur Bambang. (Diskominfo Kab. Bogor/Fauziah Ismi)

Editor: Fauziah

Berita Terkait