Plt Bupati Bogor Terima Penghargaan pada Perayaan Hari Pers Nasional Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Diterbitkan

Minggu, 21 Mei 2023

Penulis

Diskominfo Kabupaten Bogor

|

Diskominfo Kabupaten Bogor

637 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. BOGOR - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor Bayu Ramawanto didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP), mewakili Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menerima penghargaan.

Iwan mendapat penghargaan Kategori Pupuhu Pangaping dalam kegiatan malam Anugerah Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Barat tahun 2023, pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat tahun 2023, yang berlangsung di Hotel Mercure, Kabupaten Karawang, Sabtu (20/5/2023).

Dengan mengusung tema Bunga Tarum, rangkaian kegiatan turut memeriahkan puncak perayaan HPN tingkat Jawa Barat tahun 2023. Antara lain, gelar seni napak jagat tarumanagara dan bazzar UMKM. Hingga malam penganugerahan dan penghargaan kepada sejumlah tokoh dan pejabat serta ditutup dengan kegiatan city tour.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara virtual menegaskan, di hari puncak peringatan Hari Pers Nasional tingkat Jawa Barat ini selain menjadi ajang bagi orang-orang untuk melangkah maju, membangun, menangkap peluang yang ada.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- berharap jurnalisme tetap pada jati dirinya yaitu menjalankan peran memberikan informasi, mendidik, menghibur dan melakukan kontrol sosial.

“Jadilah insan pers yang jujur ​​bertanggung jawab dan sinergi bersama-sama memajukan pers Jawa barat, sehingga dapat berkontribusi besar dalam kemajuan Jawa Barat dan kemajuan Indonesia,” kata Kang Emil.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari menjelaskan, perlu diketahui bahwa pers saat ini dibayangi rasa was-was, karena satu kesatuan media mengalami padam. Sebab media bisnis kini 80% telah dikuasai oleh Google, sehingga orang dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam berkarya dan menyajikan informasi yang berkualitas. 

“Masyarakat masih membutuhkan pers profesional, pers masih sangat dibutuhkan untuk itu pers tidak boleh mati dan harus tetap hidup. Terlebih lagi di momentum peringatan HPN tingkat Jawa Barat yang sangat luar biasa, ini menjadi sebuah kehormatan bagi pers Indonesia. Teruslah berkarya dan sajikan informasi yang berkualitas," ucapnya.

Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat menyatakan, momentum peringatan HPN 2023 ini menjadi sarana bagi insan pers di Jawa Barat untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerjanya. Salah satunya melalui uji wartawan.

“Selain uji kompetensi wartawan, kita juga menggalang berbagai penghargaan bagi mereka yang berkontribusi terutama dalam meningkatkan mutu wartawan,” ujarnya.

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah mengungkapkan, di tengah arus perkembangan informasi dan teknologi informasi yang semakin pesat. Peran pers sangat penting terutama dalam menangkal berbagai hoaks dan senantiasa menyampaikan informasi edukatif.

“Terlebih tahun 2024 kita akan menghadapi Pemilu 2024, tentunya kita bersama Jabar Sapu Bersih Hoaks berkomitmen bersama KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dan Bawaslu untuk bersama-sama menjaga Pemilu 2024 agar tidak terganggu dengan berita berita hoax. Karena itu kami berharap teman-teman pers untuk tetap menjaga kebenaran, menjadi tempat untuk penyelesaian berbagai berita yang tidak baik," kata Ika.

Kemudian Ketua PWI Karawang Aep Saepuloh mengatakan, puncak peringatan HPN tahun 2023 ini, merupakan kali pertama yang menampilkan seni dan budaya.

"Ini untuk pertama kalinya saya kira HPN dipadukan dengan pertunjukan seni dan budaya. Terimakasih kepada seluruh undangan dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, yang sudah mensupport secara maksimal untuk penyelenggaraan kegiatan HPN ini serta pihak-pihak yang sudah ikut serta menyukseskan acara ini," ucapnya. (Diskominfo Kabupaten Bogor/UPI)

Editor: UPI

Berita Terkait