Revitalisasi Buat Situ Gede Jadi Destinasi Wisata Menarik

Diterbitkan

Jumat, 20 Januari 2023

Penulis

Rilis Humas Jabar

|

Rilis Humas Jabar

63 kali

Berita ini dilihat

0 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BOGOR - Kawasan Wisata Situ Gede semakin indah dengan hadirnya beragam fasilitas hasil revitalisasi. Hal tersebut diharapkan membuat Situ Gede menjadi destinasi wisata menarik sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar. 

Salah satu warga Kota Bogor, Heni Widijati, menyambut wajah baru Kawasan Situ Gede dengan antusias. Menurutnya, Situ Gede saat ini dapat menjadi tempat berolahraga dan wisata keluarga yang menarik.

"Sangat bagus Situ Gede sekarang. Pokoknya recommended untuk dikunjungi buat warga Bogor dan sekitarnya, dan warga luar Bogor juga. Ini adalah salah satu alternatif untuk tujuan kunjungan wisata," ucap Heni. 

Hal senada dikatakan pelaku UMKM di sekitar Situ Gede, Zeanul Mutaqin. Menurutnya, setelah direvitalisasi, Situ Gede memiliki daya tarik yang besar. Hal itu terlihat dari jumlah pengunjung yang terus meningkat, terutama saat akhir pekan. 

"Setelah ini ada penataan dan dari provinsi yang saya tahu, sekarang sudah jauh lebih ramai orang datang ke sini untuk beraktivitas, salah satunya kalau sabtu dan minggu pagi, ini ramai orang berolahraga. Ada yang main sepeda, jogging dan lain-lain," ucap Zaenul.

"Yang terpenting adalah masyarakat senang dengan perubahan yang ada di objek wisata Situ Gede ini. Semoga ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat di sekitar Situ Gede, dan kemudian juga menambah objek wisata yang layak dikunjungi masyarakat," imbuhnya.

Lurah Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kartini Wulandari optimistis Situ Gede akan menjadi alternatif destinasi wisata bagi masyarakat Bogor. Apalagi, panorama Situ Gede cukup memesona dan sejuk. 

"Revitalisasi Situ Gede itu salah satu mimpi terindah yang bisa dilaksanakan selama saya berdinas di Kelurahan Situ Gede," kata Kartini di Kawasan Wisata Situ Gede, Kota Bogor.

Kartini berharap, setelah peresmian revitalisasi, jumlah pengunjung Situ Gede terus meningkat. Hal tersebut akan membuat pendapatan  pelaku UMKM yang mayoritas merupakan masyarakat sekitar bertambah. 

"Terima kasih banyak Pak Gubernur, Pak Wali Kota, Wakil Wali Kota, semoga berkah untuk semua dan pembangunan yang sudah dilaksanakan berdampak kepada masyarakat sekitar dan juga kepada perekonomian masyarakat sekitar," imbuhnya.

Selain itu, Kartini pun mengingatkan kepada pengunjung dan masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan dan ketertiban Situ Gede. Hal sederhana yang dapat dilakukan yakni membuang sampah pada tempatnya.

"Sama-sama kita menjaga karena menjaga satu kawasan yang sangat luas, kami khawatir kalau tidak sadar atas menjaga kebersihan bersama ini nanti akan berakhir jadi kawasan kumuh. Sangat disayangkan kalau kita kembali lagi ke kondisi sebelumnya," ucapnya.

Editor: Admin

Berita Terkait