Tingkatkan Konsumsi Sayuran, Ewindo Ajak Siswa Bekebutuhan Khusus di Jabar Menanam Sayuran

Diterbitkan

Kamis, 16 Maret 2023

Penulis

Rep No

|

Rep No

693 kali

Berita ini dilihat

4 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG - PT East West Seed Indonesia (EWINDO) bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) DYPAC Bandung menyelenggarakan Pelatihan Budi Daya Sayuran kepada siswa-siswa berkebutuhan khusus.

Research & Development Director Ewindo Asep Harpenas berharap, melalui pelatihan yang juga dihadiri oleh perwakilan sejumlah SLB di Jawa Barat ini, nantinya para siswa mendapatkan wawasan mengenai budi daya sayuran dan dapat mengembangkannya sendiri setelah lulus sekolah sehingga dapat mandiri.

“Ewindo secara berkelanjutan mengenalkan dan melakukan transfer teknologi kepada Disability Community mengenai dunia hortikultura dari lingkungan sekolah dan melatih kemandirian serta kewirausahaan siswa-siswi SLB melalui dunia pertanian,” kata Asep, Rabu (15/3/2023).

“Kami percaya siswa-siswa berkebutuhan khusus memiliki semangat dan kemauan kuat merawat tanaman dengan sepenuh hati sehingga mereka mampu menghasilkan sesuatu yang berguna bagi persiapan hidup yang mandiri,” imbuhnya.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, kegiatan ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu meningkatkan konsumsi sayuran, mengenalkan cara sederhana menanam sayuran (life skill), dan memberikan hiburan edukatif melalui belajar tentang sayuran.

“Tidak hanya siswa, guru-guru sekolah juga turut mendapatkan alih pengetahuan mengenai teknik budi daya serta pengemasan sayuran dari Ewindo,” ucapnya.

Alih pengetahuan kepada siswa dan guru SLB ini dimulai dengan mengenalkan budi daya sayuran daun. Para peserta pelatihan dikenalkan dengan benih-benih sayuran unggul berkualitas seperti Bayam MAESTRO F1, Kangkung BANGKOK, Pak Choy NAULI F1, dan Bayam Merah MIRA. Sayuran daun ini adalah tanaman yang relatif mudah dan sederhana untuk dapat dibudidayakan.

Sementara itu, Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) D YPAC Bandung Bayu Marvianto, menyambut baik kegiatan positif ini. Diharapkan kegiatan ini menjadi bekal bagi para siswa dan budi daya sayuran dapat menjadi pilihan bagi mereka untuk sukses dan mandiri di masa depan.

“Kegiatan pengenalan budi daya sayuran dari Ewindo sangat membantu kami dalam mewujudkan kurikulum sekolah untuk keterampilan pertanian,” kata Bayu.

Pelatihan budi daya sayuran kepada siswa dan guru SLB di Bandung, Jawa Barat sudah dilakukan sejak tahun lalu diantaranya bekerjasama dengan SLB G YBMU Baleendah. Hal ini selaras dengan komitmen Ewindo terhadap tumbuh kembang anak melalui makanan bergizi yang dapat dipenuhi dari sayuran, takter kecuali bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Kegiatan alih teknologi budidaya tanaman hortikultura kepada siswa berkebutuhan khusus ini telah dilakukan Ewindo sejak tahun 2012 silam diantaranya dengan SLB Agro Industri di Cisarua, Bandung. Para siswa diajarkan mengenai tahap-tahap budi daya tanamanya itu cara persemaian, penanaman, pemeliharaan hingga panen. (prn)

Editor: Admin

Berita Terkait