Wabup Garut: Peningkatan Ekonomi Kewajiban Bersama

Diterbitkan

Rabu, 25 Januari 2023

Penulis

Humaspemkabgarut

|

Humaspemkabgarut

93 kali

Berita ini dilihat

5 kali

Berita ini dibagikan

PORTALJABAR, KAB. GARUT - Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022 Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Sasakadana di Gedung KP-RI Sasakadana, Kabupaten Garut, Selasa (24/1/2023).

Wabup Garut mengungkapkan, RAT ini merupakan upaya yang tidak hanya berkontribusi terhadap diri sendiri, namun juga bagi negara. Ia menyampaikan, saat ini pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut masih sangat rendah. Untuk itu ia menyampaikan, peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut merupakan kewajiban bersama.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Garut, Tendy Kusmayadi menyampaikan, penyelenggaraan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ini untuk membuat program kerja yang dapat membantu kegiatan koperasi primer yang ada di Kabupaten Garut, salah satunya satunya yaitu KP-RI Sasakadana.

“Yang kedua juga kami laporkan kegiatan yang kami lakukan selama tahun 2022 kepada anggota koperasi selaku pemilik Dekopinda Di Kabupaten Garut tersebut,” ucapnya.

Ia memaparkan, anggota koperasi di Dekopinda Kabupaten Garut saat ini mencapai jumlah hampir 160 koperasi primer, rata-rata satu kecamatan terdapat koperasi primer.

"Tapi koperasi-koperasi juga sebetulnya lebih banyak dari itu, cuman mereka belum sepenuhnya menjadi anggota Dekopinda karena ada yang udah berbadan hukum dan yang belum," ucapnya. 

Tendy mengatakan, Koperasi Primer Sasakadana ini merupakan salah satu anggota Dekopinda. Ia mengungkapkan, dalam kesempatan ini pihaknya memenuhi undangan sekaligus memberikan arahan, masukan, dan motivasi terhadap pelaksanaan RAT.

"Karena di bulan Januari hingga Maret ini lah kewajiban koperasi primer untuk mengadakan Rapat Anggota Tahunan sebagai kekuasaan tertinggi di  koperasi ini," ujarnya.

Ia berharap koperasi-koperasi di Kabupaten Garut bisa tumbuh dan bisa meningkatkan perekonomian, baik ekonomi anggotanya maupun ekonomi masyarakat Garut. Selain itu, ia juga berharap dengan adanya koperasi, para anggota dapat menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.

"Sehingga dengan adanya pertemuan ekonomi lewat koperasi ini juga membantu Pemerintah Kabupaten Garut untuk mendongkrak indeks pembangunan Manusia Kabupaten Garut," tuturnya. (rdp*)

Editor: rdp

Berita Terkait