Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita gambar

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Berita Foto

    Peninggalan Sejarah di Kota Cimahi

    Peninggalan Sejarah di Kota Cimahi

    CIMAHI-Di Kota Cimahi, dijumpai beberapa bangunan peninggalan jaman Belanda yang saat ini dikuasai oleh jajaran Kodam III/Siliwangi. Diantaranya Rumah Sakit Dustira. Rumah sakit ini didirikan pada masa penjajahan Belanda (1887) bernama Militaire Hospital. Pada Tahun 1942-1945 waktu pendudukan Jepang digunakan untuk merawat tentara Belanda dan Jepang. Pada Tahun 1945-1947 dikuasai NICA kembali. Kemudian pada Tanggal 30 Mei 1950 Militaire Hospital Cimahi diserahkan kepada TNI dan dipimpinan oleh Letkol Dr Rd.Kornel Singawinata.

    Terakhir, pada tanggal 19 Mei 1956 dalam rangka HUT Territorial Kodam III/Siliwangi yang ke-10, rumah sakit ini diberi nama Rumah Sakit Dustira sebagai penghargaan terhadap jasa-jasa almarhum Mayor Dr. Dustira Prawiraamidjaya.

    Sedangkan untuk stasiun Cimahi juga menjadi peninggalan sejarah penjajahan Belanda sebagaimana stasiun lainnya yang ada di Jawa Barat.

    Read more
    Gubernur di Sentra Sepatu Cibaduyut

    Gubernur di Sentra Sepatu Cibaduyut

    BANDUNG-Dalam rangka memonitor perkembangan industri terutama industri lokal di Jawa Barat, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan didampingi Kadis Indag Prov. Jabar melakukan kunjungan ke Sentra Produk Sepatu Cibaduyut, Jl. Cibaduyut Bandung, Selasa (15/01). Dalam kunjungan tersebut, Gubernur melakukan dialog dengan para perajin sepatu dan mencoba beberapa sepatu.

    Read more
    Pengrajin Batik di Kota Tasikmalaya

    Pengrajin Batik di Kota Tasikmalaya

    BANDUNG-Kota dan Kabupaten Tasikmalaya terkenal karena kreatifitas penduduknya dibidang kerajinan yang terbuat dari kain, mendong, bambu dan kayu. Dibidang pakaian, Kota Tasikmalaya berbenah untuk menjadi daerah perbatikan di Jawa Barat selain Kota Cirebon. Puluhan pengrajin batik berdiri dan berkembang di Kota Tasikmalaya. Salah satunya adalah Galeri Batik Tasik Deden yang beralamat di Jl. Cigeureung No. 80 terus memproduksi dan mengembangkan berbagai motifnya khas Kota Tasikmalaya. Tim jabarprov.go.id, pada Tahun kerja 2012 melakukan hunting ke tempat pengrajin di Tasikmalaya, salah satu diantaranya Galeri batik Tasik Deden.

    Read more
    Seniman Di CFD Dago

    Seniman Di CFD Dago

    BANDUNG-Minggu (13/01)-Car Free Day merupakan acara yang sudah rutin diadakan setiap akhir pekan di sepanjang jalan Dago, Bandung. Acara ini tidak hanya diramaikan oleh masyarakat yang berolahraga, namun dimanfaatkan juga oleh para seniman diantaranya yang mengatasnamakan "Seniman Bangun Pagi" sebagai lahan untuk unjuk aksi. Mikail, salah satu vokalis dari komunitas tersebut unjuk suaranya.

    Menurut Uwy, sebagai pencetus komunitas Seniman Bangun Pagi menjelaskan, bahwa eksistensi mereka adalah untuk menumbuhkan rasa sadar kebudayaan pada diri masyarakat dan kreatifitas pada generasi muda.

    Salah satu bentuk kreatifitas mereka adalah dengan tulisan Penggalangan Dana Korban Koruptor. Uwy menjelaskan, pesan dari kiasan ini adalah apabila korupsi sudah dianggap budaya, maka koruptor adalah budayawannya. Tentu budayawan yang berkonotasi negatif, karena ia merugikan negara dan masyarakat.

    Para punggawa dari komunitas Seniman Bangun Pagi yang mana memiliki latar seni yang berbeda-beda, yaitu seni tari, seni teater, seni tato, seni musik, dan seni sastra tampil di CFD untuk mengingatkan publik akan budaya bangsanya sendiri. (Mahasiswa PKL UNISBA)
     

    Read more
    Pemprov. Jabar Sosialisaasikan BCL

    Pemprov. Jabar Sosialisaasikan BCL

     

    Pemprov. Jabar kini tengah gencar menggelar program Budaya Cinta Lingkungan (BCL) . Program tersebut, merupakan respon pemerintah menyikapi kian meningkatnya persoalan lingkungan sebagai akibat kian meningkatnya volume sampah.BCL, berlangsung (1/1).

    Read more

    Tidak ada polling untuk saat ini.

    banner_89.png banner_97.png banner_86.png banner_85.png banner_96.png banner_87.png banner_99.png banner_95.png banner_93.png banner_91.png banner_90.png