Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita gambar

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Berita Foto

    Iban (Indah, Bersih, dan Nyaman)

    Iban (Indah, Bersih, dan Nyaman)

    BANDUNG-Seperti biasa setiap hari Minggu di Dago Bandung selalu diramaikan oleh acara Car Free Day. Acara yang selalu dipenuhi  oleh pejalan kaki dan pengendara sepeda ini selalu menarik minat masyarakat untuk datang, baik untuk berolah raga maupun hanya untuk berjalan-jalan menghabiskan waktu di akhir pekan.

    Namun kini ada yang tidak biasa pada Minggu ini (17/2). Kita lihat seorang pria paruh baya yang menggunakan sepeda tua dan berpakaian ala pembersih lingkungan. Pria tersebut bernama Sariban, namun dia biasa di panggil dengan nama Iban. “Iban merupakan singkatan dari indah, bersih, dan nyaman,” tutur pria yang di kenal peduli terhadap lingkungan.

    Ketika semua orang sibuk melakukan aktivitasnya pada acara Car Free Day, kakek yang satu ini terus berorasi menyuarakan tentang kebersihan lingkungan. Dia merupakan salah seorang relawan yang ingin membuat Bandung menjadi kota yang bersih dan indah, sesuai dengan apa yang sering dikatakan kebanyakan orang, Bandung merupakan “Kota Kembang”.

    Read more
    Sale Pisang SBY dari Ciamis

    Sale Pisang SBY dari Ciamis

    CIAMISKAB-Kabupaten Ciamis tidak saja terkenal akan Galendonya, tapi juga terkenal karena ada makanan cemilan Sale Pisang atau Kripik Pisang SBY.  jabarprov.go.id beberapa waktu lalu mendatangi usaha unggulan industri makanan Kabupaten Ciamis milik Pak Tarwa yang memproduksi berbagai makanan cemilan dari bahan baku pisang yang beralamat di Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

    Menurut  Tarwa Hadi,  produksinya dikenal dengan nama Sale Suka Senang. Usahanya ini mulai dirintis sejak tahun 1996 hingga sekarang. Mempekerjakan 70 karyawan dan memberdayakan puluhan kelompok binaan pengrajin pisang sebagai pengolah bahan baku.  Kelompok binaan tersebut mampu menyerap lebih 200 pengrajin yang tersebar di delapan titik di Kecamatan Banjarsari.

    Produk Sale Pisang dan jenis lainnya itu dijual  dengan harga  perkilo sebesar Rp. 40.000,-  dan distribusi pemasarannya mencapai ke berbagai kota seperti Medan, Pematang Siantar, Surabaya, Bali bahkan ke luar negeri seperti Kanada dan Jeddah. Beberapa jenis produk sale dan keripik Suka senang hasil olahannya meliputi ; Sale Pisang Gulung, Sale Pisang Lidah, Sale Pisang Opak, Sale Pisang Ambon, Sale Molen Pisang Ambon, Keripik Pisang rasa Asin, Keripik Pisang rasa Madu, Keripik Pisang rasa Vanila, keripik pisang rasa Durian, Keripik Pisang rasa Mocca, Keripik Pisang rasa Pedas Manis.

    Dari hasil kerja kerasnya tersebut, Pak Tarwa telah mendapatkan berbagai penghargaan, diantaranya yaitu, Piagam Bintang Satu untuk kategori Keamanan Pangan dari Badan POM Propinsi Jawa Barat; Juara ke 2 pada lomba Stand Bazzar Terbaik Tingkat Propinsi Jawa Barat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Agro Jawa Barat; UKM terbaik Tingkat Propinsi Jawa Barat; dan Penghargaan Paramakarya dari Presiden RI untuk Kualitas dan Produktivitas Terbaik se Indonesia.

    Bila anda melakukan perjalanan ke daerah Kab. Ciamis sebaiknya mampir dulu di Outlet Pak Tarwa yang jaraknya dari pusat kota kurang lebih lima kilometer,  tepatnya di Kec. Cijeungjing, yaitu arah menuju Kota Banjar.

    Read more
    Cerita keramik Kiaracondong

    Cerita keramik Kiaracondong

    BANDUNG-Sebagai salah satu sentral pengrajin keramik di Jawa Barat, Industri keramik di Kiaracondong-Bandung ini mampu menarik para kolektor keramik dari dalam dan luar negeri. Seringkali para kolektor datang untuk berburu  keramik. Tidak hanya itu , sebagai objek wisata, tempat ini juga mampu  menarik wisatawan domestik hingga mancanegara untuk berkunjung.

    Tim Hunting jabarprov.go.id melakukan kunjungan ke pengrajin keramik, pada Selasa (12/2) dan diperoleh informasi bahwa keramik-keramik yang diproduksi disana kebanyakan berupa guci atau  hiasan seperti hiasan piring atau stonewear. Dari satu pengrajin, keramik yang dihasilkan bisa mencapai 300 buah hiasan kecil dan sekitar 25 buah hiasan guci besar per minggu. Dari sini, keramik disalurkan ke berbagai konsumen keramik di luar pulau, misalnya di Kalimantan, Irian Jaya, hingga Aceh. Tidak hanya itu, industri keramik disini bisa mengeksport karyanya ke Jepang

    Read more
    Kampanye Pilgub Jabar 2013

    Kampanye Pilgub Jabar 2013

    BANDUNG–Menjelang dua minggu masa pemilihan, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Jawa Barat lakukan kampanye. Kampanye yang dilakukan masing-masing calon semakin gencar, salah satunya dengan memanfaatkan ruang publik sebagai sarana pemasangan pamplet, baliho, dan lain sebagainya.

    Persainganpun semakin terlihat jelas, dengan beberapa baliho yang dipasang di beberapa sudut dan ruas jalanan kota Bandung. Kreatifitas dan ide tim sukses untuk menarik perhatian masyarakat semakin beragam, terlihat dari beberapa spanduk, baliho, dan poster kampanye. Dan tidak jarang pula spanduk kandidat dipasangkan berdampingan, sehingga terbentuk opini di masyarakat baik itu positif maupun negatif. 

    Read more

    Tidak ada polling untuk saat ini.

    banner_91.png banner_99.png banner_87.png banner_85.png banner_96.png banner_95.png banner_90.png banner_97.png banner_89.png banner_86.png banner_93.png