Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gebyar Wisata Ditepian Situ Cileunca

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10065.jpg

    BANDUNGKAB-GEBYAR wisata, kembali diselenggarakan di wilayah Kabupaten Bandung. Dalam gebyar kali ini, Pemkab Bandung menetapkan Situ Cileunca di Kecamatan Pangalengan sebagai lokasi gebyar wisata tahun 2014. Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH., M.Ip dipastikan bakal membuka event tersebut pada hari Minggu (9/11) mendatang.

    Selain disemarakan atraksi hiburan tradisional, pada gebyar wisata kali ini akan ditampilkan pula pameran kuliner yang bernuansa jajanan rakyat, lomba fotografi, pameran potensi pariwisata unggulan dan handycraft (kerajinan)khas Kabupaten Bandung.

    Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bandung Drs. H. Akhmad Djohara, M.Si menyebutkan, gerakan makan ikan dan penebaran benih ikan di Situ Cileunca dijadikan pula salah satu agenda gebyar wisata kali ini. “Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dunia pariwisata di Kabupaten Bandung akan terus berkembang yang pada gilirannya nanti akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat”, katanya.

    Disamping pariwisata alam, potensi pariwisata unggulan di Kabupaten Bandung dilengkapi pula dengan kawasan pariwisata budaya, kawasan pariwisata agro dan kawasan pariwisata terpadu & olahraga.

    Untuk kawasan pariwisata agro, wisatawan bisa menikmati agrowisata stroberi, teh dan sayuran di Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Pangalengan, Pasirjambu, Ibun dan Arjasari. Sementara pariwisata alam bisa ditemui di Kecamatan Cimenyan, Cilengkrang, Cicalengka, Ibun dan Cimaung. Sebagian besar pariwisata alam berupa air terjun, danau (situ) dan alam pegunungan.

    Dengan tersedianya akses jalan menuju berbagai obyek wisata, berdampak pula terhadap jumlah kunjungan wisatawan. Pada tahun 2013, jumlah wisatawan asing dan lokal yang berkunjung ke Kabupaten Bandung tercatat ±6.234.555 orang, mengalami kenaikan dibanding tahun 2012 yang tercatat 5.645.569 orang. Sedangkan jumlah daya tarik wisata yang pada tahun 2012 hanya terdapat di 45 lokasi, meningkat menjadi 50 lokasi pada tahun 2013. Demikian halnya dengan jumlah mitra kerja pariwisata, yang pada tahun 2012 berjumlah 1.224 orang, naik menjadi 1.312 orang pada tahun 2013.

    Seiring dengan kian bertambahnya jumlah wisatawan, berdampak terhadap penyediaan sarana akomodasi seperti hotel, restoran atau rumah makan. Sampai akhir tahun 2013, jumlah hotel di Kabupaten Bandung tercatat berjumlah 45 buah yang terdiri hotel bintang lima 1 buah, bintang empat 1 buah, bintang tiga 2 buah, bintang dua 9 buah, bintang satu 1 buah dan sisanya hotel kelas melati.
    Soreang, 6 Nopember 2014.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus