Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BI Siaga Hadapi Kenaikan BBM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10113.jpg

    BANDUNG-Bank Indonesia menyatakan kesiapan untuk mengantisipasi berbagai siaga penuh menjelang kenaikan terkait kebijakan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang kemungkinan besar akan dilakukan dalam waktu dekat.

    Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan kemungkinan harga BBM bersubsidi yang akan naik dapat menyebabkan inflasi cukup lumayan. Namun inflasi tidak akan terlalu lama terjadi.

    "Tekanan terhadap inflasi karena kenaikan harga BBM nanti diprediksi hanya akan berlangsung selama tiga bulan. Setelah itu, tekanannya akan menghilang," ungkap Gubernur BI Agus Martowardodjo.

    Untuk mengantisipasi tekanan inflasi yang terlalu tinggi, pihaknya bekerja sama dan berkoordinasi dengan pemerintah melalui menteri keuangan, menko perekonomian, dan lain-lain.

    Adapun tekanan inflasi hingga Oktober 2014 di hampir seluruh daerah mengalami sedikit peningkatan sebagai dampak lanjutan kenaikan tarif listrik dan LPG 12 kilogram. Beberapa daerah seperti Sumatera Barat, Banten, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara mencatat tingkat inflasi yang cukup tinggi di kisaran 6%-7% (yoy).

    "Tekanan inflasi volatile food di berbagai daerah relatif meningkat seiring masuknya masa tanam di tengah kondisi kekeringan yang semakin meningkat akibat kemarau berkepanjangan," katanya. jo.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus