Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Paparkan e-pemerintahan di Workshop IT BPPT

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10128.jpg

    JAKARTA-Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kamis (13/11) dihadapan para praktisi IT Pemerintah dan kalangan profesional memaparkan Program dan hasil Pembangunan IT di Jawa Barat.Pemaparan itu dalam rangka  Workshop  IT Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh BPPT, bertempat di Aula Lt IV, Gedung BPPT. Workshop mengambil tema,"Menjalin Kemitraan Dalam Implementasi e-Pemerintahan.

    Gubernur paparkan secara detail program dan hasil pembangunan di Jawa Barat dalam penerapan e-goverment yang tujuanya untuk akselerasi penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik.

    Yang disampaikan oleh Gubernur, mencakup aspek regulasi, aspek organisasi, aspek perencanaan, aspek pendanaan dan aspek penerapannya.

    Menurut Gubernur, dalam aspek regulasi, bahwa Pemprov. Jabar telah mengeluarkan peraturan daerah mengenai e-goverment yang kemudian ditindaklanjuti dengan peraturan-peraturan dibawahnya yang bersifat implementatif.

    Kemudian dalam aspek organisasi,  bahwa di Provinsi Jawa Barat telah dibentuk suatu dinas yang secara khusus menangani teknologi informasi, yaitu Dinas Kominfo. Dinas inilah yang memfasilitasi perencanaan dan pembangunan teknologi informasi dalam rangka implementasi e-goverment.

    Selanjutnya mengenai perancanaan dan penganggaran, bahwa Pemprov. Jabar telah mengalokasikan anggaran tersendiri untuk pembangunan IT di Jawa Barat.

    Gubernurpun memaparkan beberapa sistem terbangun dalam upaya menunjang e-gov, antara lain, system inventarisasi Barang (ATI SISBADA), penyelenggaraan System Penyelenggaraan Lelang secara elektronik (SPSE), Pajak Kendaraan On Line, pendaftaran on line untuk pengurusan perijinan dan Bada Pelayanan Satu Pintu dan e-office serta website. Kesemuanya itu telah berjalan untuk menunjang jalannya penyelenggaran Pemerintahan dan pelayanan publik.

    Khusus untuk pembangunan infrastruktur jaringan, telah terbangun koneksi antara OPD Provinsi dengan Pusat Pemerintahan Provinsi. Termasuk dengan daerah Kab/Ko melalui
    video conferense yang terbagi kedalam lima wilayah. Video konferense ini untuk lebih mempercepat komunikasi formal dengan pimpinan daerah melalui alat teknologi canggih.

    Atas paparan tersebut, Gubernur mendapat apresiasi dan respons positif dari peserta workshop IT terutama pada saat sesi tanya jawab.

    Hanya satu-satunya gubernur yang mendapat porsi untuk presentasi e-pemerintahan. Sedangkan daerah lainnya hanya setingkat bupati dan walikota. Untuk lingkup Jabar, walikota Cimahi, dijadwalkan akan memberikan pemaparan tentang hal yang sama.

    Workshop tersebut diikuti sekitar 100 orang peserta dan berlangsung selama satu hari.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus