Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Siap Sukseskan Percepatan Produksi Padi Nasional

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10191.jpg

    SUBANG-Daerah utara Jawa Barat selama ini dikenal sebagai lumbung padi nasional. Karenanya tidak heran ketika pemerintah pusat lewat Kementerian Pertanian RI menggelontorkan berbagai programnya agar produksi padi di Jawa Barat terus meningkat.

    Hal ini terungkap pada pertemuan antara Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, beserta Wakil Bupati Subang Imas Aryumningsih dan Kadis Pertanian Prov. Jabar Diden Trisnadi di Balai Besar Penelitian Padi Sukamandi Kabupaten Subang, Jumat (21/11).

    Menurut Aher, dalam pertemuan tersebut pemerintah pusat positif memberikan bantuan untuk percepatan produksi padi seperti bantuan benih, alat panen dan pembangunan irigasi tersebut kurang lebih sebesar 150 milliar, yang akan dikucurkan akhir bulan Desember dan diperkirakan akan selesai di bulan Maret.

    “Tadi kita membincangkan percepatan dan peningkatan produksi. Pak Menteri akan memberikan dana kontijensi namanya, di akhir tahun. Insya Allah dicairkan dananya di bulan Desember Dan dikerjakan sampai maret sudah selesai. Itu ada beberapa, ada jaringan irigasi kecil, Jides dan Jitut, kemudian ada bantuan alat, ada bantuan benih, asetan juga ada, kemudian pemetik hasil ada, dan beberapa macam lagi,” ujar Aher menerangkan isi diskusi dengan Menteri Pertanian.

    Selain bantuan percepatan produksi, menurut Aher, Pemerintah Pusat juga akan mengucurkan bantuannya untuk pembangunan bendungan Cijengkol, sebesar kurang lebih 200 milliar Rupiah. Bendugan ini nantinya akan difungsikan sebagai bendungan irigasi tersier.

    Untuk peningkatan produksi ini Aher  sangat optimistis tercapai terutama di triwulan dua tahun 2015. “Nanti mudah-mudahan percepatan ini dampaknya sudah kelihatan di triwulan ke dua minimal. Triwulan ke satu sudah dimulai, dan mudah-mudahan triwulan kedua sudah kelihatan hasil produksi yang memadai, ya kita ada dasar untuk meminta lagi. Saya kira kementerian PU dan Pertanian juga ada alasan kuat untuk memberikan kepada Jawa Barat, karena berhasil meningkatkan produksi," tambahnya optimis.

    Cetak Lahan Sawah Baru Di Jabar Selatan

    Selain percepatan produksi di area sawah di wilayah Subang dan sekitarnya, Aher juga optimis dengan program pembuatan 100 ribu hektar sawah baru pada tahun 2015. Menurutnya untuk lahan sawah baru nanti akan di fokuskan di wilayah Jawa Barat Bagian Selatan.

    “Yang sudah jadi 2013-2014 kan itu  910 ha. Tapi kita sanggup jika irigasi disiapkan, dan biaya untuk pencetakan sawah baru disiapkan, kita sanggup diatas 100 ribu hektar, di kawasan selatan. Bahkan di kawasan selatan ada satu hamparan di pantai pangandaran, kita sanggup membuat sawah baru sampai 15 ribu hektar dalam satu hamparan. Pokoknya di utara ada alih fungsi di selatan kita membuat yang baru. Dan disini juga distop (alih fungsi lahan),” pungkas Aher.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus