Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Belum Temukan Vaksin Wabah Ebola

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10208.jpg

    BANDUNG-Dunia kedokteran hingga saat ini, belum dapat menemukan vaksin atau obat khusus yang dapat menyembuhkan virus Ebola. Demikian dikemukakan Dr. Tiana Milanda, Msi., Apt, dosen Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad).

    Menurut Tiana,penanganan pasien di ruang isolasi yang dilakukan oleh pihak rumah sakit sifatnya hanya memberikan supporting theraphy.

    “Saat ini, belum ada vaksin/obat khusus yang dapat menyembuhkan virus Ebola,” ucap Tiana, saat menjadi pembicara dalam Diskusi “Unpad Merespons: Indonesia Waspada Ebola” di Ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, beberapa waktu lalu.

    Tiana mengatakan, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyebaran virus Ebola perlunya standar operasional yang harus dilakukan oleh tenaga kesehatan saat bertugas menangani kasus tersebut.

    “Perlu ada SOP penanganan Ebola, seperti menggunakan baju khusus, masker, sarung tangan dan kacamata saat akan kontak dengan pasien, hingga penyegeraan penanganan pasien dan pelatihan mengurus jenazah Ebola,” ujarnya.

    Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) PBB meningkatkan status penyebaran wabah Ebola menjadi waspada, menyusul banyaknya kasus kematian di beberapa wilayah penyebaran virus, seperti Guinea, Sierra Leone, Liberia dan negara-negara di kawasan Afrika Barat. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus