Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pameran WUBI Resmi Dibuka

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10307.jpg

    BANDUNG- Pameran Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) yang diprakarsai BI resmi dibuka. Pameran yang akan berlangsung 5 sampai 7 Desember  2014 untuk embukaannya dihadiri Deputi BI Hendar, Kepala Kantor BI Bandung Dian Ediana Rae dan Wagub Jabar, H. Deddy Mizwar.

    Pembukaan berlangsung di Kantor BI Jalan Braga Kota Bandung, Jumat (5/12).  Wirausaha Jabar (WUBI) Jabar diikuti 50 peserta dari UMKM yang bergerak dibidang usaha di sektor agribisnis

    Dian, dalam kegiatan tersebut mengatakan pameran WUBI merupakan salah satu kegiatan BI dengan tujuan untuk memperkenalkan produk dan promosi peserta program wirausaha, khususnya produk ketahanan pangan.

    Peserta yang berjumlah 50, menampilkan usaha yang bergerak di sector agribisnis mulai dari hulu, sub sector usaha tani, sub sector pengelolaan, sub sector pemasaran dan industry kreatif.

    Pameran WUBI, merupakan wujud keberpihakan BI dalam meningkatkan  peran di sector rill. Hal tersebut, terlihat dari angka indikator kredit mikro yang mencapai 19 persen.  Dengan porsi terbanyak di sector  perdagangan. Tingkat partisipasi masyarakat, di UMKM juga sudah cukup besar dengan jumlah rekening mencapai   1,84 juta rekening  t di mikro.

    Untuk mendukung ketahanan pangan melalui peran UMKM dibuat juga berbagai terobosan antara lain : , Sistem informasi untuk  nelayan dan petani , pelatihan nelayan dan petani  serta dibuat beberapa  klaster bidang usaha  antara lain : cabe dan ayam ras di Garut , Kluster sapi potong di sukabumi dan sayuran di Kabupaten Bandung.

    Sementara itu Wagub, dalam pertemuan tersebut mengungkapkan WUBI diharapkan dapat berjalan secara berkesinambungan. Namun, diakui potensi belum berkembang maksimal karena banyaknya masalah yang dihadapi diantaranya  terbatasnya  kompetensi ehingga dukungan untuk sektor UMKM
    sangat diperlukan. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus