Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penyelamatan Luas Areal Sawah Target Pembangunan Sektor Pertanian Tahun 2015

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10308.jpg

    BANDUNG. Di tahun 2015, melalui dukungan APBD Provinsi Jabar, penyelamatan luas areal sawah menjadi target prioritas. Hal demikian, diungkapkan Kadis Pertan Jabar, Diden Trisnadi dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (5/12).

    Diden, lebih lanjut memaparkan merujuk kepada sasaran RJPMD Jabar tahun 2013-2018, pencapaian produksi padi sebesar 13 juta ton GKG per tahun. Adapun, target tersebut dicapai tertinggi pada tahun 2013 sebesar 12,83 juta ton GKG. Untuk mengejar target tersebut, setidaknya Pemprov. Jabar berkomitmen.

    Menyelamatkan areal lahan sawah  yang kini mencapai 925.000 Ha. Dengan dipertahankannya areal lahan sawah, didorong juga adanya peningkatan Indeks Penanaman (IP) dari sekarang 2 kali setahun menjadi 3 sampai 4 kali per tahun.

    Selain mempertahankan areal sawah yang sudah ada, Pemprov. Jabar sudah menjajaki pembukaan lahan baru. Dengan merujuk kepada data dari Pusdatin Kementan RI, potensi areal tersebut mencapai 358.000 Ha. Untuk dari Sukabumi sampai Pangandaran saja potensi tersebut mencapai 206.000 Ha.

    Berkenaan dengan pembukaan lahan baru sawah, ujar Diden kini siap dibuat survey investigasi untuk menentukan potensi factual. Untuk perencanaan awal, jika survey  ini sudah selesai pembukaan lahan sawah baru akan dibuka di tahun 2015 seluas 100.000 Ha. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus