Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    WUBI Fest 2014, Tingkatkan Wirausaha Bidang Pangan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10309.jpg

    BANDUNG–Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar  membuka resmi pameran Wirausaha Bank Indonesia (WUBI Fest), yang digelar di pelataran Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Jalan Braga Bandung, pada Jumat (05/12).

    Berbeda dengan yang sebelumnya, WUBI Fest yang akan digelar hingga 07 Desember 2014 mendatang ini lebih fokus pada bidang pertanian, sejalan dengan tema pameran WUBI Fest 2014 yaitu “Ketahanan Pangan”.

    Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia Hendar, pemilihan tema “Ketahanan Pangan” tersebut didorong oleh kepedulian BI terhadap meningkatnya alih fungsi lahan, dari lahan pertanian menjadi lahan industri akibat arus indutrialisasi dan pertambahan laju pertumbuhan penduduk, sehingga kebutuhan akan lahan perumahan berimbas pada makin berkurangnya lahan pertanian.

    “Selain lebih fokus pada bidang pangan dan holtikultura, program wirausaha ini juga akan terus dijalankan secara berkesinambungan dan koordinatif dengan pemerintah daerah dan instansi terkait”, ungkap Hendar dalam sambutannya.

    Senada dengan Hendar, Deddy Mizwar pun menyambut baik penyelenggaraan pameran produk UMKM WUBI Fest ini. Menurutnya, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kelompok usaha yang memiliki potesi besar untuk mendukung kemajuan perekonomian, termasuk didalamnya mengatasi masalah pengangguran.

    “Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat apresiatif terhadap program pembinaan dan pengembangan UMKM yang selama ini dikembangkan oleh Bank Indonesia”, ujar Deddy.

    Deddy berharap, kegiatan-kegiatan yang mendorong meningkatnya kualitas dan kuantitas produk UMKM dapat terus digalakkan, sehubungan dengan masih rendahnya peringkat Indonesia di bidang enterpreneurship culture dan education and training.

    “Pola kemitraan dan pembinaan UMKM yang lebih tersinergi dan berkesinambungan seperti ini layak dikembangkan dalam konteks yang lebih luas oleh berbagai stakeholder”, papar Deddy.

    Pameran WUBI Fest 2014 ini melibatkan sekitar 50 peserta program Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) Jabar, yang menampilkan hasil produk usaha yang bergerak di bidang agribisnis meliputi Sub Sektor Hulu (Industri Agrokimia, pupuk, pestisida, obat-obatan), Sub Sektor Usaha Tani (tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, tanaman obat, peternakan, perikanan dan kehutanan), Sub Sektor Pengelolan (produk makanan dan minuman), Sub Sektor Pemasaran (distribusi, konsumsi, promosi dan informasi pasar), serta industri kreatif.

    Hadir pula dalam acara ini Kepala Perwakilan BI Wilayah VI Dian Ediana Rae, Kepala Kantor Regional 2 OJK Anggar B. Nuraeni, Sekertaris Daerah Provisi Jawa Barat Wawan Ridwan, dan Asisten Daerah 2 Provinsi Jawa Barat Bidang Perekonomian Jerry Yanuar.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus