Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Lingkung Seni Mayang Arum Gelar Hajat Lembur

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10313.jpg

    CIMAHI-Lingkung Seni Mayang Arum menggelar Hajat Lembur di Halaman Padepokan Lingkung Seni Mayang Arum, RT 02 RW 07 Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Minggu (7/12).

    Dalam kegiatan untuk pertama kalinya digelar itu, menurut Pimpinan Lingkung Seni Mayang Arum, Hermana, akan ditampilkan Wayang Kolaborasi dengan Dalang Dede Chandra Sunarya Putu Giri Harja, Jaipongan Mayang Arum, Tari Kreasi Baru, Pencak Silat, Pelatihan Batik Cimahi, Pameran Produk Batik Cimahi, Bazar Kuliner dan Produk Kreatif, pargelaran kesenian dan Longsor Bandoengmoi.
    “Kegiatan Hajat Lembur ini kami laksanakan dalam rangka jaga lemah, jaga cai dan jaga budaya. 

    Insya Alloh kami akan mengundang para pejabat atau para inohong Cimahi,” kata Pimpinan Lingkung Seni Mayang Arum, Hermana di Padepokan Lingkungan Seni Mayang Arum kepada jabarprov.go.id, Sabtu (6/12).
    Hermana menjelaskan, hajat lembut tersebut akan digelar setahun sekali menjelang akhir tahun masehi. Hajat lembur penting digelar karena budaya atau kearifan local cenderung kian terkikis oleh pengaruh budaya asing yang sulit dibendung. Pengaruh budaya asing tersebut, terutama melalui media elektronik telah merasuk ke dalam jiwa anak-anak atau generasi muda kita.

    Tokoh masyarakat Kecamatan Cimahi Utara, Maman Suaman menyambut positif kegiatan Hajat Lembur yang digelar Lingkung Seni Mayang Arum. Kegiatan tersebut dapat dikatakan sebagai tontonan yang baik bagi anak-anak dan bahkan mengandung tuntunan atau pendidikan.

    “Mudah-mudahan kegiatan semacam Hajat Lembur ini akan lebih marak lagi di Kota Cimahi dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Cimahi,” katanya.

    Selain menggelar Hajat Lembur, Lingkungan Seni Mayang Arum juga atas modal sendiri akan meluncurkan Balai Belajar Bersama.

    “Bangunannya sudah kami siapkan. Nantinya di bangunan dengan tiga ruangan tersebut diselenggarakan kegiatan-kegaiatan, seperti belajar batik Cimahi, tari jaipongan, lonser dan seni dan budaya Sunda lainnya,” kata Hermana. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus