Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perubahan Kurikulum Tahun 2013, Hanya Penyempurnaan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10330.jpg

    SUBANG-Menghadapi perubahan kurikulum pendidikan, Dinas Pendidikan Subang menyatakan siap ikuti intruksi Kemetrian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kurikulum itu kan diatur oleh pusat. Tidak bisa daerah membuat kurikulum sendiri. Artinya, jika ada kurikulum yang harus diubah, dihapus atau disesuaikan, ya kita ikuti saja.

    Kita tidak bisa meneruskan atau menghentikan (kurikulum) tanpa ada intruksi dari pusat. Oleh karena itu kami siap untuk mengamankan itu.

    Dan penghentian itu juga tidak dipotong ditengah jalan. Misalnya semester ganjil yang telah melaksanakan kurikulum diselesaikan saja. Baru semester genap dihentikan, ujar Kepala Dinas Pendidikan Kab Subang, Drs. H.E. Kusdinar, M.Pd kepada penulis, Senin (8/12/2014).

    Ketika Menteri Anis Baswedan bersilaturahim dengan Kepala Dinas seluruh Indonesia, ia mengungkapkan dengan tegas,  akan mengubah kurikulum 2013. “Bukan mengubah kurikulum 2013 melainkan akan menyempurnakan kurikulum 2013,” jelas Kusdinar.

    Selanjutnya kata Kusdinar, perubahan kurikulum sebenarnya adalah penyempurnaan-penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2006 atau yang dikenal Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) itu disempurnakan dalam kurikulum 2013. Diantaranya pelajaran Agama dari 2 jam menjadi 4 jam dan ditambah menjadi Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti. Lalu jumlah satuan jam pelajaran untuk SD dari 30 menit menjadi 35 menit, SMP dari 35 menit menjadi 40 menit dan SMA/SMK dari 40 menit menjadi 45 menit.

    Ketika ditanya mengenai kesiapan perubahan kurikulum, Kusdinar menegaskan pihaknya siap melakukannya karena KTSP telah terbiasa sebelumnya. Mengenai kesiapan buku-buku yang akan digunakan, kata Kusdinar, itu merupakan tanggung jawab pemerintah dalam penyediaan buku-buku. Kurikulum 2006 bukunya  ‘kan masih ada. Tinggal pakai saja,” pungkasnya. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus