Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Usaha Ikan Air Tawan di Kuningan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10371.jpg

    CIREBON- Bukti komitmen PT Permodalan Nasional Madani (Persero) dalam mengembangkan kapasitas usaha para pelaku UMKM yaitu dengan menggelar secara rutin program pelatihan dan motivasi bagi pelaku UMKM.

    Executive Vice President PNM, Arief Mulyadi mengatakan, pada pelatihan tersebut para nasabah dibimbing dan diberi pelatihan serta motivasi dalam memulai bisnis yang merupakan bagian dari program kapasitas usaha klasterisasi ikan air tawar di Waduk Darma, Kuningan.

    “Program pembiayaan dan pemberdayaan terhadap UMKM seperti petani, nekayan, pedagang industry kecil, dilakukan melalui pembiayaan dengan mekanisme layaknya institusi bisnis dan dana investasinya tersebut harus kembali guna memberikan manfaat bagi para pelaku usaha lainnya,” tuturnya.

    Sementara itu, Pemimpin PNM Cabang Cirebon, Budi Santosa mengatakan, konsep  pendampingan dan pelatihan seperti ini sangat diperlukan bagi pelaku UKM, karena dengan adanya sarana tersebut dapat menjembatani para pelaku UKM untuk bertukar pikiran serta meluaskan jaringan antar pelaku UKM.
    “Kegiatan ini menjadi bagian dari program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diprakarsai oleh PNM sebagai sebuah inisiatif nasional untuk mengembangkan pelaku UKM di Tanah Air,” ujarnya.

    Menurut Budi, pelatihan ini merupakan pelatihan yang ketiga kalinya sejak klasterisasi ikan air tawar di Kuningan ini diresmikan Oktober lalu dan merupakan bagian dari rencana delapan kali pel

    “Pelatihan kepada petani ikan ini diberikan materi tentang teknik pengembangbiakan ikan air tawar serta menghadapi musim pancaroba dan penyakit yang mungkin timbul,” jelasnya. (Parno)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus