Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Raih Anugerah Parahita Ekapraya Utama

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10420.jpg

    JAKARTA - Atas upayanya dalam Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA), tahun ini Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2014 dari Kementerian PPA RI. 

    Anugerah ini diberikan langsung oleh Menteri PPA Yohana Yembise kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Gd. BKKBN, Jl. Permata No. 1 Halim Perdana Kusumah, Jakarta, pada Kamis malam (18/12). Penghargaan ini diraih Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara berturut-turut selama 4 tahun sejak tahun 2011.
     
    Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan penghargaan APE kepada 8 Kementerian/Lembaga (K/L), 13 Pemerintah Provinsi, dan 48 Pemerintah Kabupaten/Kota. Dan Jawa Barat memperoleh APE untuk kategori Utama dan berhak atas piala gold (emas) serta sertifikat. “Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi pelaksana program pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di pusat dan daerah, sehingga mereka terdorong untuk meningkatkan program-program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak”, kata Yohana dalam sambutannya di acara Pemberian Penghargaan yang sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-86 Tahun 2014.
     
    Penghargaan ini diberikan atas komitmen K/L, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota penerima dalam melaksanakan pembangunan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Penghargaan APE telah diberikan sejak tahun 2004 dengan 3 tingkatan, yaitu: Utama, Madya, dan Pratama.
     
    Selain Jawa Barat, ada 12 provinsi lainnya penerima APE tahun ini, yaitu: Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kepulauan Riau untuk Kategori Utama/Mentor yang berhak atas piala Platinum dan sertifikat. Lalu; Provinsi DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Lampung untuk Kategori Utama yang berhak atas piala gold dan sertifikat. Kemudian; Provinsi Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Barat untuk Kategori Madya yang berhak atas piala silver (perak) dan sertifikat, serta Provinsi Sumatera Utara untuk Kategori Pratama yang berhak atas piala bronze (perunggu) dan sertifikat.
     
    Selain itu, ada beberapa pemerintah kabupaten dan kota di Jabar yang juga mendapatkan penghargaan APE 2014 ini, diantaranya: Kota Depok untuk Kategori Utama yang berhak atas piala gold. Kab. Cianjur, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kab. Cirebon untuk Kategori Madya yang berhak atas sertifikat, serta Kab. Bandung Barat dan Kab. Majalengka untuk Kategori Pratama yang berhak atas sertifikat.
     
    Selain pemberian penghargaan APE, diberikan pula penghargaan kepada Pengelola dan Kelompok Bina Keluarga Balita yang diberikan atas dukungan dalam pemenuhan hak tumbuh kembang anak, Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang diberikan atas dukungan dalam meningkatkan ekonomi keluarga menuju keluarga sejahtera, Rumah Sakit Sayang Ibu dan Balita (RSSIB) dan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) yang diberikan atas dukungannya dalam menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi, serta Penghargaan Terbaik Pembina Tenaga Kerja Perempuan yang diberikan atas partisipasi Perusahaan dalam mendukung hak-hak pekerja perempuan.
     
    Selain Menteri PPA, turut hadir dalam acara ini, yaitu: jajaran Menteri/Perwakilan Kabinet Kerja, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal, serta para Gubernur/Wagub dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus