Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BLK Indramayu Tekan Angka Pengangguran

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10442.jpg

    INDRAMAYU-Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indramayu mewujudkan realisasi untuk mengadakan Balai Latihan Kerja (BLK) keliling ke berbagai daerah di pedalaman Kabupaten Indramayu. Dengan adanya BLK keliling ini maka dapat menekan angka pengangguran. Pasalnya, Dinsosnakertrans menerima bantuan satu buah Mobil Training Unit (MTU) untuk kejuruan las listrik yang berasal dari Kementrian Ketenagakerjaan RI.          

    Penyerahan MTU dilakukan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah kepada Kepala UPTD BLK pada Dinsosnakertrans Kabupaten Indramayu, H. Iman Sulaeman, pada upacara peringatan Hari Ibu, Hari Kesatuan Gerak PKK, HUT Dharma Wanita Persatuan, Hari Internasional Penyandang Cacat dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2014, Senin (22/12/2014) di Alun-Alun Indramayu.

    Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seperti yang dirilis Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu mengatakan, dengan adanya kendaraan MTU ini diharapkan dapat mengatasi para peserta pelatihan yang berada pada daerah terpencil yang jauh dari BLK, kendaraan tersebut telah dilengkapi bahan teori dan praktek. Selain itu, kendaraan tersebut dapat dijadikan sebagai pelatihan keliling yang berjalan diluar program BLK.

    “Kendaraan MTU ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin agar masyarakat yang jauh dari BLK bisa memanfaatkan kendaraan ini, apalagi kendaraan ini dimanfaatkan dengan berbagai perlengkapan untuk teori dan praktek,” kata bupati.

    Sementara itu Kepala UPTD BLK Dinsosnakertrans, H. Iman Sulaeman menjelaskan, kendaraan MTU tersebut diperuntukan bagi kejuruan las listrik dan peralatan scaffolding /pencacah. Kemudian didalam kendaraan itu terdapat 1 set peralatan dan kelengkapan alat pelindung diri (APD) las dan alat keselamatan dan kesehatan kerja, dan berbagai perlengkapan lainnya.

    Menurut Iman, BLK Indramayu telah banyak melakukan kegiatan latihan bagi masyarakat Indramayu. Pada tahun 2012 pihaknya menyelenggarakan 10 paket kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 180 peserta. Kemudian tahun 2013 sebanyak 33 paket latihan dengan menyerap peserta sebanyak 564 orang, dan tahun 2014 ini mengadakan 30 paket latihan dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang.

    “Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut telah menyerap ribuan tenaga kerja. Sebanyak 80 persen telah terserap di berbagai perusahaan dan 20 persen mereka telah usaha mandiri,” kata Iman.

    Selain kendaraan MTU, pada tahun sebelumnya BLK juga telah menerima 1 set peralatan sepeda motor yang bisa digunakan untuk pelatihan berbagai merek motor, dan juga peralatan scaffolding dari Pertamina RU VI Balongan. (deni / Humas Pemkab Indramayu)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus