Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Serius Tangani Banjir Bandung, Gubernur Temui Wapres

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10497.jpg

    JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla membahas soal banjir Kabupaten Bandung di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Selasa (30/12). 

    Gubernur mengatakan pemerintah pusat telah memberikan komitmennya untuk membantu dalam menyelesaikan persoalan banjir yang setiap tahun melanda Kabupaten Bandung.
     
    Pada pertemuan dengan Wapres tersebut, telah dibicarakan penyelesaian banjir secara holistik atau menyeluruh yang mencakup wilayah hulu dan hilir. “Pertemuan dengan Wapres tadi membicarakan masalah banjir secara holistik, mencakup wilayah hulu dan hilirnya”, ungkap Gubernur usai serah terima korban Kapal Oryong di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri RI.
     
    Lebih lanjut Gubernur menjelaskan, pada kawasan hulu Perhutani dan masyarakat akan bekerja sama untuk mengkonservasi atau menghutankan kembali kawasan hulu, baik dari sisi lingkungan atau ekonominya, sehingga kawasan hulu tersebut nanti akan memberikan produktivitas ekonomi dari hasil hutannya berupa kayu atau tanaman lainnya seperti kopi. Bahkan, nantinya akan ada pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan hulu untuk alih mata pencaharian ke bidang lainnya seperti perikanan, peternakan, UKM, dan lainnya.
     
    Sementara di kawasan hilir, Gubernur mengatakan pihaknya akan ada prioritas berupa pembangunan kolam retensi seluas 5 hektar di daerah Cieunteng, sebagai kolam penampungan air. Selain itu, akan ada sodetan di sekitar Sungai Cisangkuy (anak Sungai Citarum) agar air yang dialirkan melalui Cisangkuy tidak mengalir ke daerah Dayeuhkolot. Rencana ini diperkirakan akan selesai pada 2016 mendatang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus