Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Ingin Petani Gunakan Internet Untuk Memasarkan Produk

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10508.jpg

    KAB.SUKABUMI-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengawali Tahun 2015 ini dengan melakukan Kunjungan Kerja ke Jabar Selatan sejak Jumat, (02/01). Dalam Kunker atau "kukurusukannya" yang didampingi semua OPD ini bertujuan untuk  menggali aspirasi dan solusi wilayah Jabar khususnya di kawasan selatan agar semakin sejahtera, diantaranya dengan memasyarakatkan internet pada petani.

    Hal ini diungkapkan oleh Aher dalam diskusi bersama Kepala Desa dan kelompok petani di PTPN Agrabinta, Kabupaten Sukabumi.

    Menurutnya, salah satu permasalahan pokok para petani adalah pemasaran hasil panen. Karena bila tidak ada jalur pemasaran, petani bisa terjebak dalam sistem ijon atau tengkulak.

    Aher pun mencontohkan "Keripik ma Icih" yang  berhasil memasarkan produknya lewat internet. Menurutnya walau sama-sama keripik yang terbuat dari singkong tetapi dengan strategi pemasaran lewat internet keripik tersebut menjadi unggul. Sok kanu internet sugan we datang pembeli. Komo mun aya nu araneh mah. Banyak pemasaran sukses lewat internet. Banyak urusannya, urusan Kiripik Cau, Kiripik Sampeu tapi jadi orang kaya raya. Nu di Bandung aya kiripik Ma Icih, udah beunghar ayeuna teh, gaduh restoran, gaduh sagala macem, pemasarannya pake mobil, awalnya, berlanjut ke internet. Masyarakat jadi terbangun imagenya , bahwa keripik ma icih adalah keripik yang unggul. Padahal sama saja, kiripik sampeu. Tapi gara-gara internet jadi maju,” papar Aher.

    Contoh lainnya menurut Aher, adalah penjualan Ikan Koi di Cianjur. “Di cianjur ada masyarakat ternak lauk Koi tapi teu laku. Aya we mahasiswa Unpad, didinya, dagang Koi. Dipasarkeun kana blog di internet. Jadi laku we ayeuna teh jadi pasar ikan. Padahal asalnya tidak laku ,” terang Aher.

    Selain memberikan solusi lewat internet Aher juga menjanjikan bantuan Rp 100 juta bagi setiap desa akan terus berjalan, ditambah bantuan dari pusat sebesar Rp. 150 juta. Selain itu Aher, juga akan memberikan bantuan ternak 125 ekor kambing bagi 5 kelompok tani serta akan kembali memberikan bantuan bibit pohon karet sekitar 3 juta pohon.

    Pada "kukurusukannya" yang didampingi oleh Kapolda Jabar, Irjen. M. Iriawan ini, hari pertama rombongan mengunjungi Balai Pembibitan Kentang Dinas Pertanian Dan Tanaman Pangan, Prov Jabar, di Kecamatan Pangalengan, Kab. Bandung.

    Dilanjutkan dengan meninjau daerah lokasi rawan bencana di kecamatan Talegong dan lumbung padi di Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Kemudian Aher berserta rombongan kembali bergerak meninjau lokasi wisata Gua Lalay Ranca Buaya yang masih berada di Garut Selatan.

    Usai menyaksikan ribuan kelelawar serta pemandangan laut dari atas tebing,  Aher meninjau pabrik tepung tapioka di Kecamatan Cidaun dan lokasi eks lokasi penambangan pasir besi milik PT CKM yang telah diberhentikan operasionalnya oleh dinas ESDM Jabar di Kecamatan Sindang Barang, Kabupaten Cianjur.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus