Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tiga Pilar Pembangunan Desa/Kelurahan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10589.jpg

    CIMAHI-Kapolres Cimahi, AKBP Drs. Erwin Kurniawan, SIK, Sh, MHum menegaskan, kepala desa atau lurah, Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan ujung tombak, garda terdepan dalam menjalankan tugas-tugas pokok, fungsi dan perannya di masing-masing institusi. Oleh karena itu diperlukan sinergitas yang kuat menjadi sebuah komponen utama dalam usaha untuk mencapai suatu keberhasilan.

    Penegasan Kapolres Cimahi tersebut, disampaikan dalam Apel Tiga Pilar Pembangunan Desa/Kelurahan di Halaman Mapolres Cimahi, Jalan Jenderal Amir Machmud, Kota Cimahi, Jum’at (16/1). Apel tersebut diikuti oleh 165 kepala desa se-Kabupaten Bandung Barat, 15 lurah se-Kota Cimahi, 6 kepala desa se-Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung, 186 Bhabinkamtibmas dari Polres Cimahi, Babinsa dari Kodim 0609 Bandung-Cimahi.

    Hadir pula Wakil Bupati Bandung Barat H. Yayat T. Soemitra, Wakil Walikot Cimahi Drs.H. Sudiarto, SE, Ak dan Dandim 0609 Bandung-Cimahi Letkol Arh. Tri Sugiyanto.

    Kapolres menjelaskan, Polres Cimahi telah menempatkan Babinkamtibmas di setiap desa dan kelurahan di wilayah Hukum Polres Cimahi, semuanya berjumlah 186 personil. Dengan sudah terpenuhinya 1 desa atau 1 kelurahan 1 Babinkamtibmas, diharapkan setiap wilayah dalam kondisi aman dan kondusif. Para anggota Babinkamtibmas, jelas Erwin, menjadi agen Polri di tingkat desa atau kelurahan.

    Mereka bertindak sebagai pengawas dan bermitra dengan aparatur desa dan kelurahan. Sebelum diterjunkan ke masyarakat, mereka mendapatkan pelatihan terdahulu di Mapolres Cimahi agar memiliki sikap disiplin dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan hukum, sehingga dapat meminimalisir gangguan Kamtibmas, baik berupa aksi kriminalitas maupun keributan antar warga. (enal).

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus