Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Usulkan Pembenahan Museum KAA

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10744.jpg

    BANDUNG-Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengajukan usulan pembenahan Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) yang sekarang berada di Gedung Merdeka Bandung, saat ditemui Sekjen Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Y. Kristiarto S. Legowo di Gedung Sate, Selasa (27/01) . Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga semangat KAA, terlebih Kemenlu telah memiliki master plan penataan musem tersebut.

    Untuk itu Deddy berencana menggelar pertemuan lanjutan bersama dengan Kemenlu dan Kesekretariatan MPR, guna membahas kejelasan aset dan pengelolaan Gedung Merdeka. Rencananya pertemuan tersebut akan diadakan pada minggu kedua bulan Februari 2015 nanti.

    “Untuk ke arah sana, kan pusatnya itu Gedung Merdeka. Ini siapa yang mengelolanya, ini aset siapa kan harus jelas. Bagaimana kalau itu bukan aset kita lantas kita kelola. Ini harus ada MOU yang jelas. Jangan sampai nanti menjadi masalah di BPK. Makanya Insya Allah di Februari minggu kedua akan duduk kembali dari sekrtariat MPR, kemudian ada Kemenlu dan juga Pemrov,” ujar Deddy.

    Deddy menambahkan, pembenahan tersebut sangat penting dilakukan karena Museum KAA saat ini kurang terkonsep dengan baik. Bahkan  tidak menutup kemungkinan untuk mengubah Gedung Merdeka menjadi museum seluruhnya.

    “Gedung Merdeka ini buat apa sekarang ?. Ruangan gede itu buat apa ?. Buat ngeliat bendera aja kan !. Lantas museumnya mepet kan !, kaya digudang  ! Seluruh bangunan itu kalau perlu kita buat untuk museum, supaya bisa menggugah rasa nasionalisme,” tambah Deddy.

    Hal tersebut rupanya sangat diapresiasi oleh Kristiarto, menurutnya itu merupakan langkah melestarikan peninggalan sejarah akan peran indonesia di mata dunia. Karenanya Kemenlu mendukung langkah pertemuan tersebut guna membahas hal yang lebih teknis.

    Dirinya menyebutkan, antara lain bagaimana kita mampu memaksimalkan peninggalan sejarah, tentang peranan penting Indonesia di dunia internasional, yang kebetulan itu ada di Bandung. Ada Gedung Merdeka, ada Museum KAA. "Dan untuk itu tentunya Kemlu kemudian Pemda Jawa Barat dan MPR yang merupakan pemilik dari gedung tersebut akam melakukan pembahasan secara lebih teknis,” Terang Kristiarto.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus