Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Raskin Berkontribusi Penguatan Ketahanan Pangan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10759.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan dalam kegiatan launching raskin Tingkat Nasional yang berlangsung di KBB, Rabu (28/1) mengungkapkan, program rutin yang sudah berjalan beberapa tahun ini, dinilai memberikan kontribusi dalam rangka penguatan ketahanan pangan. Kehadiran raskin, memberikan manfaat untuk kedaulatan pangan dan agar masyarakat tidak kekurangan pangan.

    Berkenaan dengan penyaluran raskin, harapannya agar kualitas dapat ditingkatkan . Sebagai gambaran, ujar Gubernur realisasi penyaluran raskin di Jabar dalam tahun 2014 mencapai 462,96 ton atau sebesar 98,75%.  Penyaluran tersebut, juga disertai dengan ketepatan dalam hal penyaluran dan penyelesaian tunggakan pembayaran.

    Dalam kaitan dengan produksi beras di Jabar, Gubernur menjelaskan, bahwa padi yang dihasilkan oleh Jabar ini, diperoleh dari areal sawah seluas 925.000 Ha. Pencapaiannya  dikarenakan  produksi dan produktivitas Jabar  masih unggul.

    Kendatipun demikian, Jabarpun masih memiliki masalah. Berbagai masalah yang dihadapi, saat ini jelas  Gubernur adalah masalah kepemilikan lahan yang belum mencukupi dengan rata-rata 0,3 Ha per petani. Masalah lain pemerataan kepemilikan lahan belum memadai sehingga raskin masih dibutuhkan.

    Masalah berikutnya adalah soal Indeks Pertanaman di Jabar, untuk wilayah utara sebesar 0,18 kali per tahun dan untuk wilayah selatan sebesar 2,8 kali per tahun.

    Dilatarbelakangi oleh kondisi ini, maka raskin masih menjadi solusi untuk penguatan kedaulatan pangan. Harapan ke depan  perlu ada upaya untuk mensejahterakan petani  termasuk  dalam mengatasi persoalan lahan.

    Anggaran pertanian melalui dukungan dari Pemerintah Pusat sudah meningkat. Di tahun ini, Pemerintah Pusat untuk mendukung program pembangunan pertanian, melalui dana yang bersumber dari DAK telah menyetujui anggaran untuk perbaikan irigasi di seluruh Jabar dengan jumlah dana sebesar Rp.282 miliar.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus