Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ketua BPK RI: Laporan Keuangan Tidak Identik Dengan Kemakmuran Rakyat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10771.jpg

    SUMEDANG – Ketua BPK RI Dr. H. Harry Azhar Azis, MA menjelaskan, bagusnya laporan keuangan pemerintah tidak identik atau tidak berbanding lurus dengan tingkat kemakmuran rakyatnya. 

    Hal itu diungkapkan Azis dalam Seminar tentang BPK, Pengelolaan Keuangan Negara  dan Kesejahteraan Rakat, yang digelar di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Kamis (29/1).

    “Kalau satu daerah mendapat opini WTP dalam Laporan Keuanganya, itu hanya menunjukan tertibnya pembuatan laporang berdasarkan standar laporan keuangan pemerintah. Tetapi laporan keuangan itu belum tentu sejajar dengan tingkat kesejahteraan rakyatnya” ujar Azis.

    Bahkan menurut Azis, ada beberapa daerah yang laporan keuangannya mendapat opini WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian, tetapi kesejahteraan rakyatnya justru rendah. Banyak pengangguran dan rakyat miskin.

    “Ada beberapa daerah yang mendapat WTP, tetapi pada kenyataannya, tingkat kesejahteraannya rendah, tingkat pengangguran tinggi, dan angka kemiskinannya juga tinggi” katanya.

    Oleh karena itu kedepan, BPK akan merubah pola pemeriksaan keuangan, dari sekedar membaca hasil laporan keuangan, menjadi memeriksa kinerja.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus