Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kampung Wangun Yang Kumuh Jadi Asri

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10796.jpg

    KAB.BANDUNG–Program Nasional Pemberdayaan Masyarkat (PNPM) Mandiri Perkotaan Jabar, telah mengubah Kampung Wangun Desa Pasirmulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung, yang kumuh dan terisolir, menjadi kampung yang asri dan tertata. Dari kunjungan jabarprov.go.id ke Kampung Wangun, Kamis (29/1) terlihat, Kampung Wangun kini nyaman ditinggali dan sedap dipandang mata.

    “Dengan PNPM Perkotaan yang diawali pembentukan panitia tahun 2011 lalu, kami berupaya membuat kampung ini menjadi layak huni. Tadinya sangat kumuh, dengan rumah atau gubuk tua yang tidak layak huni, MCK tidak memadai, akses jalan jelek, maka kini bisa dilihat sendiri keadaanya” ujar Ketua Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Desa Pasirmulya, Nandang Rukmana.

    Menurut Nandang, dana yang tersedia dari PNPM Mandiri untuk satu unit hanya Rp 16 juta, sementara satu unit rumah menghabiskan dana antara Rp 23-26 juta.

    “Kekurangannya ditambah dari swadaya masyarakat sendiri. Tidak dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk bahan bangunan bekas yang masih bisa digunakan, tenaga kerja dan lain-lain. Alhamdulillah bisa terwujud, selama kurang lebih satu tahun  dari proses awal sampai akhir, Kami bisa melakukan bedah kampung ini”, katanya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus