Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Menteri Kemaritiman Kunjungi Puslitbang Air PU

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10797.jpg

    BANDUNG-Menteri Kemaritiman  RI, Indroyono Soesilo, Jum'at (30/1) mengunjungi Kantor Puslitbang Sumber Daya Air (SDA), Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang berlokasi di Jalan, Ir. H. Djuanda Kota Bandung.

    Menteri, dalam kegiatan tersebut, didampingi Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan. Hadir dalam pertemuan tersebut,  Kepala Balitbang Kementerian PU, Waskito Pandu dan Kepala Puslitbang SDA, suprapto. Indroyono, dalam kunker tersebut, juga meninjau produk hasil riset di Puslitbang SDA, diantaranya produk untuk pengolahan air.

    Indroyono, dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, produk hasil riset seperti produk untuk pengolahan air nantinya ketika dipergunakan untuk kepentingan instansi pemerintah dapat dilihat dalam e-Katalog yang diterbitkan oleh LKPP.

    Kebijakan tersebut, merupakan kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa. Adapun keuntungan yang diperoleh baik bagi instansi maupun masyarakat secara luas, yakni, dapat membeli produk secara akurat dan sesuai prosedur.

    Indroyono menambahkan, berkenaan dengan kebutuhan infrastruktur Daerah  yang memerlukan kondisi infrastruktur yang bagus  pemerintah sudah mempersiapkan diantaranya kini diusulkan  di Pandeglang, Banten dan Sagaranakan yaitu daerah perbatasan Jabar-Jateng

    Di Jabar, imbuh Indroyono melalui Kementerian Kemaritiman akan dibangun beberapa infrastruktut antara lain : pembangunan PLTU upper Cisokan, PLTU Pelabuhanratu, PLTU Indramayu, PLTA Jatigede, dan sambungan transmisi Bandung-Kamojang.

    Disisi lain, Gubernur, dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan produk hasil riset di Puslitbang air diharapkan ada inovasi, jangan sampai hanya selesai di prototype. Prototype tersebut, diharapkan dapat menjadi barang pabrikan.  "Produk tersebut, sebagai hasil penemuan anak bangsa harus dipergunakan, jangan pakai lagi produk dari negara lain", ujar Gubernur.

    Berdasarkan beberapa temuan di daerah, jelas Gubernur, di Pelabuhan ratu,  masyarakat masih mengeluhkan air bersih karena untuk mendapatkannya warga harus mencari sampai ke hutan. Dengan adanya penemuan ini, maka hal itu dapat diterapkan, harapnya.

    Gubernur, dalam kaitannya dengan rencana Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kemaritiman yang akan membangun infrastruktur di Jabar mengatakan, bahwa Pemprov. Jabar  siap menjaga suksesnya pembangunan infrastruktur tersebut, mengingat infrastruktur tersebut  dapat didayagunakan apalagi pembangunan PLTU yang dibangun merupakan infrastruktur interkoneksi Jawa, Bali dan Nusatenggara.

    Untuk rencana pembangunan PLTA,juga akan dijaga, termasuk PLTA yang akan dibangun di sekitar Waduk Jatigede. Rencananya, ujar Gubernur di Waduk Jatigede akan dilakukan penggenangan dulu, selanjutnya  baru PLTA dibangun. (SN)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus