Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati – Dandim Tandatangani Peningkatan Produktivitas Hasil Pertanian

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_10882.JPG

    Kabupaten Indramayu – Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah dan Komandan Kodim 0616 Indramayu Letkol. Arh. Zaenudin, M.Hum.

    Melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang peningkatan produktivitas hasil pertanian di wilayah Kabupaten Indramayu.  Penandatnganan dilakukan di Balai Benih Dinas Pertanian dan Peternakan Kecamatan Cikedung, Kamis (05/02/).

    Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah seperti yang rilis Bagian Humas dan Protokol Setda Indramayu menjelaskan, permasalahan mendasar yang dihadapi oleh sector pertanian saat ini adalah meningkatnya kerusakan lingkungan dan perubahan iklim global, terbatasnya ketersediaan infrastruktur, sarana dan prasarana, lahan dan air, sedikitnya status dan kecilnya luas kepemilikan lahan, lemahnya system pembibitan dan pembenahan, keterbatasan akses petani terhadap permodalan dan masih tingginya suku bunga usaha tani, lemahnya kapasitas serta kelembagaan petani dan penyuluh, masih rawannya ketahanan pangan, belum optimalnya disverivikasi pangan, rendahnya nilai tukar petani, dan belum padunya lentas sektoral dalam meunjunang pembangunan pertanian.

    “Penandatnaganan ini merupakan upaya nyata untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan di Kabupaten Indramayu, jika ini bisa terwujud maka kehidupan pertanian yang subur dan kehidupan petani yang makmur bisa direalisasikan,” tegas bupati.

    Sementara itu Dandim 0616 Indramayu, Letkol. Arh. Zaenudin, M.Hum menjelaskan, kerjasama ini merupakan langkah nyata untuk menjadikan TNI AD Mendukung Ketahanan Pangan (TMKP) di Kabupaten Indramayu. Mendukung program ketahanan pangan saat ini menjadi salah satu agenda penting di seluruh jajaran TNI AD karena ada perintah dari Panglima TNI.

    “Keterlibatan TNI dalam ketahanan pangan ini, TNI akan mengawal semua proses mulai dari penyaluran air, pendistribusian pupuk, hingga pengangkutan panen. Babinsa akan menjadi mitra petani di setiap desa. Jika ada pihak lain yang akan menghambat kerja petani, maka anggota TNI akan menindak secara tegas,” kata Dandim.

    Penandatnganan kerjasama ini disambut baik oleh para petani yang ada di Kabupaten Indramayu. Mereka menilai, dengan kerjasama antara pemerintah daerah dengan TNI maka petani mendapatkan jaminan kepastian dalam mengelola lahan pertaniannya. Apalagi  pemerintah daerah memiliki komitmen untuk memperbaiki saluran irigasi yang saat ini banyak mengalami kerusakan. (deni / Humas Pemkab Indramayu)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus