Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Semua Pihak Harus Berkomitmen

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11001.jpg

    BANDUNG-Wagub meminta komitmen serta konsistensi dari berbagai pihak terkait untuk menjalankan kesepakatan Katulampa, serta komitmen Kementerian Pekerjan Umum & Perumahan.

    “Saya akan menekankan kembali bahwa program rencana aksi multipihak ini leading sector-nya siapa, Kementerian PU-PR (Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat). Ini bisanya rapat melulu, berunding tapi Belanda masuk juga, diteken tapi tidak dikerjakan. Begitu bicara Waduk Sukamayu, Waduk Ciawi, terus kapan? Semuanya kan PU, kita tidak bisa kerja apa-apa. Kecuali PU yang mengerjakan, itu wewenang pusat," kata Wagub.

    Hal demikian dikemukakan Wagub, usai Rakor Evaluasi Program Citarum Bestari di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22 Kota Bandung, pada Rabu (11/2). Wagub akan meminta komitmen serta konsistensi berbagai pihak dalam menangani banjir di ibu kota Negara.

    Hingga saat ini, untuk menangani banjir Jakarta, Pemprov DKI Jakarta baru mengucurkan bantuan dana kepada Jawa Barat untuk menertibkan villa liar yang ada di kawasan Puncak saja.

    Namun, Wagub mengatakan puing-puing villa tersebut belum bisa dibersihkan karena berada dalam tanah Negara. “Dari DKI cuman untuk penertiban villa-villa liar. Tapi kan belum bisa dibersihkan puing-puing tadi karena itu di tanah Negara bukan tanah si pemilik bangunan. Dan kalau tidak salah DKI janjinya 5 Milyar tapi baru dikucurin 2,3 jadi tidak bisa dibersihkan. Ini komitmen, janji sekian tapi tidak dikasih ya sudah tidak jalan semua," papar Wagub.

    Wagub pun menuturkan hingga saat ini Jawa Barat telah menjalankan komitmen-komitmen yang telah disepakati dan telah dilakukan oleh beberapa dinas terkait, seperti: pengukuran DAS Ciliwung sepanjang 10 km, penanaman pohon dan vegetasi, serta merevitalisasi 40 situ yang pemeliharaannya dilakukan pada tahun ini.

    Persoalan banjir di Jakarta yang merupakan ibukota Negara tersebut merupakan masalah bersama, sehingga menurut Wagub jangan mencari kambing hitam. “Jadi jangan… Jakarta banjir Jawa Barat yang disalahin lagi. Cari kambing hitam tidak boleh! Sama-sama ini problem kita, problem Jakarta, problem ibu kota Negara adalah problem kita semua," tutur Wagub.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus