Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    YUDI : Birokrasi Harus Efisien dan Transparan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11025.jpg

    BANDUNG-Sistem birokrasi yang efisien dan transparan akan membantu negara termasuk Pemda untuk menjaring investasi yang sebesar besarnya.

    "Berdasarkan survey, tata kelola pemerintahan dan birokrasi di Indonesia masih di bawah 50. Artinya, pemerintahan dan birokrasi di Indonesia belum akuntabel, efisien, dan transparan. Bagi perekonomian dan dunia usaha, itu merupakan sebuah kondisi yang tidak mendukung," ujar Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi di Bandung.


    Jika belum efiesien, akuntabel, dan transparannya sistem birokrasi itu menghasilkan sebuah konsekuensi bagi sektor perekonomian. Satu di antaranya, menjadi sebuah negara yang memiliki daya tarik lemah bagi para investor.

    "Tentunya, penilaian tersebut membuat para investor tidak tertarik berinvestasi besar-besaran di Indonesia," tuturnya.

    Melihat kondisi itu, tegas dia, pemerintahan era saat ini berkeinginan kuat untuk mereformasi birokrasi. Ini bertujuan agar tata kelola pemerintahan menjadi jauh lebih akuntabel, efisien, dan transparan sehingga punya daya tarik dan saing lebih kuat lagi bagi dunia usaha.

    Reformasi birokrasi itu, terangnya, antara lain, melakukan perubahan maindset birokrat, yang sebelumnya beraktivitas tebang pilih dan terkesan tidak netral, menjadi lebih baik, termasuk mengubah paradigma, yang sebelumnya terbiasa dilayani, kini wajib memeri pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelaku usaha.

    Reformasi berikutnya,memperbaiki struktur organisasi briokrasi. Diantaranya, menata ulang seluruh organisasi kementerian, termasuk direktorat-direktoratnya. Selanjutnya, memangkas lembaga-lembaga negara yang tidak bernilai manfaat. Kemudian melakukan berbagai perampingan struktur orgnasisasi pemerintahan. jo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus