Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov Dukung Penyatuan Koperasi PNS

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11054.jpg

    BANDUNG-Rencana pembentukan koperasi besar PNS mendapatkan respon positif dari Pemprov Jabar. Bahkan jika memungkinkan koperasi PNS yang ada namun kecil bisa disatukan.

    Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Jerry Yanuar mengatakan saat ini koperasi karyawan PNS Pemprov Jabar masih terpisah berupa unit-unit di setiap dinas. Karena terpisah, maka skalanya masih relatif kecil. Koperasi di dinas hanya bergerak pada pemenuhan
    kebutuhan pokok dan simpan pinjam saja.

    "Kami ingin koperasi besar yang bisa mensejahterakan pegawai," pungkasnya.

    Lebih lanjut dituturkannya, rencana pendirian koperasi ini juga sejalan dengan rencana Pemprov Jabar mengoperasikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada 2017 mendatang. Nantinya, koperasi PNS pemprov akan ikut untuk memiliki obligasi daerah sebagai pemodalan pembangunan bandara di Majalengka tersebut.

    Selain itu, koperasi PNS pemprov ini juga akan membuka beragam jenis usaha yang mendorong pertumbuhan modal koperasi. Usaha yang dipilih diantaranya pembukaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), apartemen dan rumah sakit.

    Berdasarkan perencanaan yang sudah dibuat, rata-rata dalam sebulan koperasi bisa menghimpun dana sebesar Rp12 miliar per tahun dengan simpanan wajib pokok Rp 500.000/PNS, dan dengan iuran bulanan Rp 100.000/PNS. Dari angka tersebut terlihat potensi besar yang dimiliki koperasi PNS.

    "Rencananya namanya, Praja Sejahtera Provinsi Jabar. Kami akan rekrut managemen yang profesional agar koperasi  juga menjadi koperasi profesional," tuturnya.jo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus