Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pos Yandu Multifungsi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11060.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong setiap Pos Yandu di Jawa Barat menjadi Pos Yandu Multifungsi. Kalau dulu, Pos Yandu itu digambarkan sebagai kegiatan yang hanya melaksanakan kegiatan di bidang kesehatan. Sekarang, Pos Yandu yang harus ada itu, adalah Pos Yandu yang juga bisa melaksanakan kegiatan di bidang pendidikan dan ekonomi.

    “Di bidang pendidikan ya tentunya bukan pendidikan umum, tetapi pendidikan terhadap anak usia dini misalnya PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jadi, Pos Yandu juga bisa berfungsi sebagai Pos Pengembangan Anak Usia Dini,” kata Kepala Bidang Penguatan Kelembagaan Badan Perberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Barat, Dr. Budi Setiadi kepada jabarprov.go,id, Jum’at (13/2).

    Fungsi pendidikan pada Pos Yandu juga, jelas DR. Budi, bisa dalam bentuk pembinaan terhadap kaum ibu di lingkungan sekitar Pos Yandu yang memiliki balita dengan program bina keluarga balita, agar mereka mampu melakukan pola pengasuhan yang baik terhadap balita.

    Sedangkan kegiatan Pos Yandu di bidang ekonomi, yaitu kegiatan yang bisa dilakukan oleh masyarakat sekitar untuk menambah atau meningkatkan pendapatan, yaitu berupa pembinaan keterampilan melalui usaha peningkatan pendapatan keluarga.
    “Misalnya pembinaan terhadap kaum ibu yang membuka usaha makanan ringan. Kemudian juga ada upaya-upaya pemanfaatan pekarangan,” katanya.

    Fungsi lainnya yang bisa kembangkan di Pos Yandu, jelas Dr. Budi, adalah sebagai pusat informasi dan pusat konsultasi. Dalam hal ini, Pos Yandu mampu memberikan atau melaksanakan berbagai hal yang berhubungan dengan penyampaian informasi atau penyuluhan dalam kaitannya dengan masalah-masalah yang sekarang ini menjadi trend, khususnya ibu dan anak, terutama yang berkenaan dengan perlindungan perempuan dan anak. Contohnya tentang kasus kekerasan dalam rumah tangga, trafficking dan  bahaya Napza. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus