Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    UNPAD Akan Surati Unesco Tentang Istilah "Bahasa Ibu"

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11155.jpg

    BANDUNG–Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menyurati UNESCO, Badan PBB yang mengurusi tentang pendidikan, sosial dan budaya itu, terkait pemakaian istilah "Bahasa Ibu". Menurut Rektor Undpa Prof. DR. Ganjar Kurnia, pemakaian istilah Bahasa Ibu itu dinilai kurang tepat untuk mendefinisikan pengertian bahasa Daerah. Hal itu diungkapkan Ganjar, pada paluncuran Kamus Utama Bahasa Sunda, dalam peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional di Kampus Unpad Jl. Dipati Ukur Bandung, Sabtu (21/2).

    “Istilah bahasa Ibu itu kurang tepat jika mendefinisikan bahasa daerah. Karena bahasa ibu berarti bahasa yang diajarkan seorang ibu kepada anaknya. Dengan pengertian itu, meskipun seorang Ibu orang Sunda, tetapi kalau mengajarkan bahasa Indonesia kepada anaknya, maka bahasa ibunya adalah Indonesia” keta Ganjar, di hadapan Wakil Gubernur Jabar dan undangan lainnya.

    Oleh karena itu, Ganjar Kurnia memandang perlu untuk menyurati UNESCO untuk mengajukan revisi dari isilah itu, supaya kedepannya tidak salah kaprah.

    “Unpad nanti akan berkirim surat ke UNESCO untuk mengusulkan istilah Bahasa Ibu itu diganti dengan "Seke Seler" atau "Suku Bangsa", minimal untuk penggunaan di Jawa Barat sendiri” katanya.

    Peringatan hari Bahasa Ibu Internasional di Unpad sendiri diperingati selain dengan peluncuran Kamus Utama Bahasa Sunda, juga digelar diskusi bedah buku kumpulan Cerita Pendek (Carpon Sunda) "Neng Maya" yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris oleh Conrad Watson dari Kent University. (Pun)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus