Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Babinsa Siap Tingkatkan Produksi Pertanian

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11191.jpg

    INDRAMAYU–Paska ditandatanganinya kesepakatan bersama tentang peningkatan produktivitas hasil pertanian di wilayah Kabupaten Indramayu antara Bupati Indramayu dengan Kodim 0616 Indramayu beberapa waktu yang lalu. Kini langkah konkret mulai dilakukan oleh Kodim 0616 Indramayu dengan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Indramayu.

    Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian Kabupaten Indramayu, H. Warjo menjelaskan, para Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) yang tersebar diberbagai wilayah di Kabupaten Indramayu saat ini siap untuk mewujudkan kebijakan program dari pemerintah pusat, provinsi, dan juga daerah. Apalagi saat ini mendapatkan dukungan dari para Babinsa dimasing-masing desa untuk melakukan tugas pengawalan dan pendampingan dalam program peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Indramayu.

    Diakui Warjo, saat ini di Kabupaten Indramayu sebagai daerah pertanian hanya memiliki tenaga PPL PNS sebanyak 125 orang. Jumlah ini terus berkurang dan sampai tahun 2018 mendatang PPL PNS hanya tersisa 60 orang  karena mereka pensiun. Saat ini untuk menutupi kekurangan tenaga PPL itu terdapat 134 tenaga harian lepas yang didayagunakan sebagai PPL. Padahal idealnya sebagai daerah agraris Kabupaten Indramayu harus memiliki 317 PPL yang disesuaikan dengan desa/kelurahan.

    “Adanya temuan dari hasil reses anggota DPRD bahwa ditemukan adanya PPL yang kurang rajin melakukan kunjungan ke para petani, memang betul ada beberapa orang. Namun kami telah lakukan upaya pembinaan agar mereka kembali bisa melakukan kunjungan dan mendampingi para petani. Kami menginginkan ada tambahan PPL kepada pemerintah pusat dan provinsi karena kami memiliki komitmen untuk peningkatan ketahanan pangan,” tegas Warjo.

    Sementara itu Dandim 0616 Indramayu, Letkol. Arh. Zaenudin, M.Hum menjelaskan, TNI AD Mendukung Ketahanan Pangan (TMKP) di Kabupaten Indramayu dan telah menjadi salah satu agenda penting di seluruh jajaran TNI AD karena ada perintah dari Panglima TNI.

    Para babinsa memiliki tugas untuk menggerakan dan memotivasi petani untuk melaksanakan tanam serentak, perbaikan dan pemeliharaan jaringan irigasi, gerakan pengendalian OPT dan panen. Babinsa juga siap untuk melaksanakan pengamanan penyaluran benih, pupuk dan alsintan, dan infrastruktur jaringan irigasi.

    “Para babinsa juga bertugas melakukan pengawasan terhadap pemberkasan administrasi dan penyaluran bantuan kepada penerima manfaat. Para babinsa kami yang ada dilapangan siap mensukseskan dan kerjasama dengan PPL untuk mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Indramayu,” tegas Dandim yang juga didaulat dengan sebutan ustad oleh masyarakat Indramayu ini.  

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus