Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    KRPL Dikembangkan di Bantaran S.Citarum

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11233.jpg

    BANDUNG-PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat dipastikan bakal mengadopsi pengembangan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang dirintis Kabupaten Bandung sejak tiga tahun lalu. Kawasan pangan tersebut, rencananya akan dikembangkan di seputar bantaran sungai Citarum dari mulai hulu sampai hilir.

    “Saya sangat terinspirasi oleh gagasan Bapak Dadang Naser yang mengembangkan KRPL ini diberbagai wilayah pedesaan untuk mendukung ketahanan pangan”, ungkap Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah (BKPD) Jawa Barat DR. IR. Hj Dewi Sartika, M.Si pada acara Sosialisasi dan Pencanangan KRPL Citarum Bestari di Gedung Moch. Toha-Soreang, Rabu (25/2). Turut hadir Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH., M.IP, Ketua DPRD Kabupaten Bandung Ir. H. Anang Susanto, Sekda Kab. Bandung Ir. H. Sofian Nataprawira, MP serta ratusan undangan lainnya.

    Menurut Dewi Sartika, pengembangan KRPL di bantaran sungai Citarum akan melibatkan pula warga yang berada diseputar bantaran sungai tersebut. “Hasil dari KRPL ini bisa dikonsumsi sendiri atau dijual ke berbagai supermarket”, kata Dewi Sartika.

    Ia menambahkan pengembangan KRPL dilokasi bantaran sungai, sebagai salah satu langkah yang ditempuh pemerintah untuk memotivasi masyarakat yang berada diseputar bantaran sungai agar mau memanfaatkan bantaran sungai sebagai lahan tanaman produktif.

    Sebagai langkah awal BKPD Jawa Barat memberikan dana hibah kepada 150 kelompok KRPL di 12 kecamatan Kabupaten Bandung. Dana tersebut secara simbolis diserahkan Kepala BKPD Jawa Barat kepada Kepala BKP3 (Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh) Kabupaten Bandung Ir. Dadang Hermawan. Setiap kelompok nantinya akan memperoleh dana hibah masing-masing sebesar Rp 26.500.000,- untuk pengadaan bibit dan peralatan.

    Pada kesempatan itu, Dewi Sartika mengakui langkah yang ditempuh Bupati Bandung dalam upaya mendukung ketahanan pangan perlu diapresiasi oleh semua pihak. “Maka tidak berlebihan jika saya mengusulkan Bupati Bandung mendapat penghargaan Adi Karya Pangan Nusantara”, tambahnya pula.

    KRPL dengan sistem hidroponik kata Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH., M.IP sengaja dikembangkan diwilayahnya sebagai salah satu upaya untuk ketahanan pangan. Ia melihat setiap tahun jumlah penduduk terus meningkat, sementara lahan yang tersedia sangat terbatas. “Untuk penyediaan pangan penduduk ini, tidak ada jalan lain untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai lahan pertanian produktif”, kata H. Dadang M. Naser.

    Agar KRPL ini lebih memasyarakat, Bupati Bandung terus menghimbau kepada semua pihak mulai dari kalangan pengusaha, perkantoran, sekolah, pondok pesantren, perbankan untuk mengembangkan KRPL di lokasinya masing-masing.

    Upaya lain yang ditempuh Pemkab Bandung untuk meningkatkan ketahanan pangan, diantaranya penyediaan sawah abadi disetiap desa, pembentukan brigade proteksi tanaman sabilulungan, perbaikan saluran irigasi, penyediaan lumbung pangan masyarakat, penyediaan cadangan pangan pemerintah daerah, pembentukan desa mandiri pangan serta memasyarakatkan diversivikasi pangan.

    Dengan upaya tersebut, Kabupaten Bandung sejak empat tahun lalu memperoleh 7 penghargaan bidang pangan tingkat provinsi Jawa Barat dan Nasional.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus