Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    ESDM Lakukan Pembenahan Perijinan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_11276.png

    BANDUNG-Kewenangan mengenai perjinan pengusahaan tambang, air tanah serta perijinan ketenagalistrikan yang semula oleh Pemerintah Kabupaten/Kota beralih ke Pemerintah Provinsi.

    Hal tersebut sebagai implementasi dari amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. “Dengan beralihnya kewenangan perijinan dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi,

    perlu dilakukan pembenahan terhadap berbagai permasalahan yang terkait dengan pengusahaan sumber daya mineral itu,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat, Ir.H. Sumarwan HS sebagaimana disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Dr.Ir.Dewi Yuliani, MT di ruang kerjanya, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung kepada jabarprov.go.id.

    Terkait dengan penerimaan peralihan kewenangan dari pemerintah kabupaten/kota tersebut, menurut Dr. Dewi, Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, telah melakukan langkah-langkah sebagaimana Instruksi Gubernur Jawa Barat, antara lain membuat naskah perjanjian kerjasama antara Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat dengan Dinas ESDM kabupaten/kota dan menyiapkan tenaga pengawasan. Selain itu, Dinas ESDM provinsi juga sedang menyusun standar operasional prosedur (SOP) terkait peralihan kewenangan tersebut.

    Dalam satu kali pertemuan lagi antara Dinas ESDM Provinsi dengan Dinas ESDM kabupaten/kota,  mungkinkan perjanjian tersebut sudah bisa ditandatangan.

    “Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tersebut dijelaskan, bahwa masa transisi peralihan kewenangan adalah dua tahun sejak berlakunya undang-undang tersebut. Namun, Pak Gubernur menginstruksikan agar tahun 2016 harus sudah mulai berjalan. Dan kita siap menerima peralihan tersebut,” katanya. (enal)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus